Bola Internasional

Hasil Piala AFF 2022 Filipina vs Timnas Indonesia: Garuda Berpeluang Bertemu Vietnam di Semifinal

Senin, 2 Januari 2023 21:31 WIB
Editor: Isman Fadil
© PSSI
Pertandingan terakhir grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Senin (02/01/2023). Copyright: © PSSI
Pertandingan terakhir grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Senin (02/01/2023).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia mampu meredam perlawanan tuan rumah Filipina dengan skor 2-1 di Rizal Memorial Stadium dalam partai pamungkas Grup A Piala AFF 2022, Senin (02/01/22).

Dalam laga ini Shin Tae-yong melakukan empat perubahan dalam susunan pemainnya. Jordi Amat yang terkena akumulasi kartu digantikan oleh Rizky Ridho.

Meski bermain di kandang lawan, Timnas Indonesia tetap menunjukkan permainan yang disiplin sejak peluit babak pertama dibunyikan oleh wasit Al Ali A.

Indonesia mendapat tekanan dari Filipina di awal laga. Sepakan jarak jauh Stephan Schröck berhasil ditepis dengan apik oleh Nadeo pada menit ketiga.

Baru memasuki menit ke-21, Indonesia membuka keunggulan. Umpan lemparan ke dalam Pratama Arhan, disambut sundulan Dendy Sulistyawan.

Namun dua menit berselang, Timnas Indonesia harus kehilangan Nadeo Argawinata yang mengalami cedera dan membuatnya tak bisa melanjutkan pertandingan. Posisinya diganti oleh Syahrul Trisna.

Meski begitu, keunggulan satu gol membuat skuad Garuda di atas angin. Memasuki dua menit jelang paruh pertama berakhir, Marselino Ferdinan sukses menggandakan keunggulan bagi Timnas Indonesia.

Gol yang dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan membawa Timnas IndOnesia unggul atas tuan rumah, Filipina, pada babak pertama.