In-depth

Termasuk Kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata, 4 Kiper yang Alami Cedera Parah di Laga Penting

Selasa, 3 Januari 2023 19:08 WIB
Editor: Juni Adi
© nadeowinataa
Nadeo Argawinata selebrasi Copyright: © nadeowinataa
Nadeo Argawinata selebrasi

INDOSPORT.COM - Nadeo Argawinata bukanlah satu-satunya kiper yang mengalami cedera parah di laga penting saat Filipina vs Indonesia di Piala AFF 2022, kiper lain di dunia juga banyak yang serupa nasibnya.

Bermain di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Timnas Indonesia berhasil menang tipis 2-1 atas Filipina. Dua gol Garuda dicetak oleh Dendy Sulistyawan dan Marselino Ferdinan.

Kemenangan ini membawa Indonesia lolos ke babak semifinal dengan status runner-up grup A, kalah selisih gol dari Thailand di posisi puncak dengan sama-sama mengoleksi 10 poin.

Pelatih Timnas Indonesia yaitu Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih kepada para pemain seusai pertandingan.

"Semifinal leg pertama akan digelar di GBK (Gelora Bung Karno). Kami harus mempersiapkan diri dengan baik supaya tidak mengecewakan fans yang datang ke stadion," tuturnya dilansir dari laman resmi PSSI.

Kelolosan timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF 2022 harus dibayar mahal, karena kiper andalan mereka Nadeo Argawinata harus mengalami cedera. 

Akibat insiden itu, Nadeo pun ditarik keluar oleh pelatih Shin Tae-yong dan digantikan dengan Syahrul Trisna di menit ke-24.

Seusai laga, pemain Bali United ini terlihat pincang saat berjalan karena menahan rasa nyeri.

"Ini kena pinggang tapi dari Dokter belum  tahu cedera apa. Nanti dicek dulu katanya," ujar Nadeo.

"Sakitnya buat nafas, buat jalan juga sakit. Sepertinya lutut yang masuk, saya tidak lihat karena fokus ke bola," sambungnya.

Nadeo Argawinata bukanlah satu-satunya kiper yang mengalami cedera saat pertandingan penting, banyak kiper lain juga pernah merasakannya. Siapa saja itu?