Bola Internasional

Piala AFF 2022: Bikin Nadeo Cedera, Kapten Timnas Filipina Akhiri Karier dengan Kelam

Selasa, 3 Januari 2023 11:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Stephan Schrock, kapten Timnas Filipina yang putuskan pensiun usai hadapi Indonesia di Piala AFF 2022. Ia membuat Nadeo Argawinata cedera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Stephan Schrock, kapten Timnas Filipina yang putuskan pensiun usai hadapi Indonesia di Piala AFF 2022. Ia membuat Nadeo Argawinata cedera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan.

INDOSPORT.COM - Usai membuat Nadeo Argawinata cedera di laga Piala AFF 2022, kapten Timnas Filipina, Stephan Schrock harus mengakhiri kariernya dengan kelam.

Sebelumnya, Timnas Filipina memang sudah dipastikan teraingkir dari perebutan tiket ke semifinal Piala AFF 2022, karena kalah dari Thailand dan Kamboja di penyisihan grup.

Maka dari itu, laga kontra Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Senin (02/01/23) malam, menjadi laga terakhir bagi kapten Timnas Filipina, Stephan Schrock.

Maklum, Stephan Schrock sudah lewat masa kejayaannya. Ia kini sudah berusia 36 tahun, dan produktivitasnya telah menurun.

"Seperti yang Anda ketahui, dalam sepak bola, tidak ada yang pasti. Tapi 99 persen, ini akan menjadi pertandingan terakhir saya untuk timnas," kata Schrock sebelum laga.

"Dalam sebelas tahun terakhir, setiap kali saya dipanggil, dan kapan pun saya mampu meyakinkan klub di Eropa untuk melepas saya, saya selalu bermain sepenuh hati."

Ya, Schröck pernah bermain di banyak klub Jerman, termasuk tim Bundesliga TSG 1899 Hoffenheim dengan nilai pasar Rp34,76 miliar, juga bermain di Eintrach Frankfurt.

Ia juga pernah memperkuat Timnas Jerman U-18 hingga U-23, namun akhirnya memilih untuk membela Timnas Filipina, yang lebih memberinya banyak kesempatan bermain.

Naas, ketika ia akan mengakhiri karier Timnas-nya meladeni skuat Garuda, Schrock justru mendapati sesuatu yang tak terduga, ia dibully oleh netizen Indonesia.

Tak lain sebabnya adalah aksi Schrock yang membentur kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, sehingga membuat Nadeo tak bisa melanjutkan permainan di Piala AFF.