Bola Internasional

Bukan Naturalisasi, Ini Peran Pemain Asing Italia dan Afrika di Skuat Garuda Select

Rabu, 4 Januari 2023 12:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Pers Garuda Select/Mola TV
Diego Ronco, kapten Garuda Select 5 asal Italia. (Foto: Pers Garuda Select/Mola TV) Copyright: © Pers Garuda Select/Mola TV
Diego Ronco, kapten Garuda Select 5 asal Italia. (Foto: Pers Garuda Select/Mola TV)

INDOSPORT.COM - Bukan untuk program naturalisasi, inilah peran pemain asing Italia dan Afrika yang tergabung dalam skuat Garuda Select.

Diketahui, Garuda Select adalah program pembinaan pemain usia muda yang digagas Mola TV dan bekerja sama dengan PSSI, untuk berlatih di Inggris.

Pada tahun kelima program ini berjalan, Mola memberangkatkan 16 pesepak bola muda asal Indonesia, dengan rentang usia 16-17 tahun, yang sudah berlatih di Inggris.

Namun, tidak hanya pemain Indonesia, juga ada pemain Italia dan Afrika, serta satu pemain kelahiran Australia yang tergabung dalam skuat Garuda Select 5.

Banyak pihak menyangka bahwa pemain asing tersebut ialah pemain keturunan Indonesia yang berpeluang untuk dinaturalisasi, tapi hal itu tidak benar dan perlu diluruskan.

Sekadar informasi, saat ini ada dua pemain asing muda di skuat Garuda Select 5, yakni Jose Mendy (Senegal - Afrika), dan Younes Ibrahim (lahir di Australia, tinggal di Inggris).

Direktur Program Garuda Select, Dennis Wise menuturkan bahwa Jose Mendy dan Younes Ibrahim baru berusia 14 tahun, tapi mereka sudah menjadi buruan klub Eropa.

Kehadiran Jose dan Younes di skuat Garuda Select 5 bakal menjadi role model bagi Rafly Selang dkk, bagaimana kriteria pemain yang dicari oleh talent scouting klub-klub Eropa.

"Banyak pemain Indonesia bermimpi untuk bisa bermain di liga Eropa, namun mereka tidak mengerti persaingan apa yang harus mereka hadapi untuk merealisasikan impian mereka," ungkap Dennis Wise. 

"Kehadiran Jose dan Younes diharapkan bisa menjadi tolok ukur bagi para pemain Indonesia," lanjut eks kapten Chelsea itu.