Bola Internasional

Muka Shin Tae-yong Asem, Akun Piala AFF Sebut Timnas Indonesia Main 'Total Football'

Rabu, 4 Januari 2023 10:14 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Akun media sosial Piala AFF menyebut Timnas Indonesia bermain ‘Total Football’, padahal raut masam Shin Tae-yong turut jadi sorotan saat laga melawan Filipina. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Akun media sosial Piala AFF menyebut Timnas Indonesia bermain ‘Total Football’, padahal raut masam Shin Tae-yong turut jadi sorotan saat laga melawan Filipina.

INDOSPORT.COM – Akun media sosial Piala AFF 2022 menyebut Timnas Indonesia bermain "Total Football", padahal raut masam Shin Tae-yong turut jadi sorotan saat laga melawan Filipina.

Timnas Indonesia baru saja menyegel tiket menuju babak semifinal Piala AFF 2022, tampil cukup oke di babak fase grup.

Skuad Garuda menapakkan kakinya di babak semifinal usai menang 1-2 atas Filipina pada matchday terakhir fase grup pada Senin (02/01/23) kemarin.

Hasil ini pun membuat tim besutan Shin Tae-yong keluar sebagai runner-up, karena kalah selisih gol dari Thailand yang berstatus juara Grup A di ajang dua tahunan ini.

Timnas Indonesia sempat menjadi sorotan, di mana akun Instagram resmi Piala AFF menyebut bahwa Saddil Ramdani dkk bermain "Total Football".

Melansir dari Goal International, Total Football merupakan salah satu taktik fenomenal sepak bola menyerang yang berasal dari Belanda.

Yakni taktik permainan yang memungkinkan semua pemain bertukar posisi (permutasi posisi) sambil menekan pemain lawan yang menguasai bola.

Akun Instagram Piala AFF membandingkan momen tersebut saat terciptanya gol Marselino Ferdinan ke gawang Filipina pada menit 43'.

“Total Football ditunjukkan oleh Timnas Indonesia di gol kedua (melawan Filipina)” tulis @affmitsubishielectriccup.

Namun, di sisi lain dalam laga tersebut muka masam memang paling sering ditunjukkan Shin Tae-yong. Maklum, dalam konferensi pers, pelatih asal Korea Selatan itu memang mengungkapkan kekecewaan terhadap timnya yang masih sering membuang-buang peluang. 

Hal ini menjadi ironis, sebab istilah Total Football semestinya lebih cocok disematkan kepada tim yang mampu mencetak banyak gol dan memanfaatkan tiap peluang yang ada. 

Meski demikian, Timnas Indonesia setidaknya berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 dan akan berhadapan dengan Vietnam selaku juara Grup B.