Liga Inggris

5 Alumni Hajduk Split yang Warnai Sejarah Liga Inggris, Ada Eks Inter Milan

Kamis, 5 Januari 2023 23:14 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Ivan Perisic merayakan golnya di laga Inter Milan vs Sampdoria (REUTERS/Guglielmo Mangiapane) Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Ivan Perisic merayakan golnya di laga Inter Milan vs Sampdoria (REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

INDOSPORT.COM - Namanya memang tidak populer, namun di Liga Kroasia, HNK Hajduk Split adalah salah satu tim papan atas. Mereka cukup banyak memproduksi para pemain hebat yang tersebar di berbagai klub top Eropa. 

Hajduk Split memang tampak sulit untuk disaingi di liga domestik, mereka benar-benar mendominasi semua tim-tim yang jadi lawannya. 

Itu terbukti lewat 8 gelar juara Liga Kroasia dan belum lagi 10 gelar juara Liga Yugoslavia. Kroasia dulunya adalah negara bagian Yugoslavia. 

Sementara di Liga Kroasia 2022/2023 sejauh musim ini, Hajduk Split bertengger di urutan kedua klasemen sementara, dengan selisih enam poin dari sang pemuncak Dinamo Zagreb. 

Sederet prestasi yang berhasil diraih oleh tim berjuluk Majstori s mora itu diyakini berkat para pemain berkualitas yang datang dari tim akademi mereka. 

Bahkan beberapa nama pemain dari tim akademi yang sempat memberi gelar juara untuk tim senior Hajduk Split, pernah merumput di Liga Inggris karena kualitasnya. 

Berikut ini INDOSPORT sudah rangkum 5 pemain alumni Hajduk Split yang warnai sejarah Liga Inggris. Bahkan salah satunya pernah memperkuat klub besar Liga Italia Inter Milan. 

5. Igor Stimac

Mungkin Igor Stimac bisa dibilang pembuka pintu untuk pemain-pemain jebolan Hajduk ke Liga Inggris. Dia pertama kali datang ke Inggris ketika direkrut oleh Derby County pada tahun 1995. 

Karirnya di tanah Britannia Raya berlangsung selama enam tahun, Derby County empat tahun kemudian sisanya dua tahun di West Ham United. 

Dalam kurun waktu enam tahun itu, Stimac mampu menjalani 100 pertandingan dengan mencetak tiga gol.