Bola Internasional

Piala AFF 2022: Jelang Timnas Indonesia vs Vietnam, Shin Tae-yong Kirim Pesan Nyelekit

Kamis, 5 Januari 2023 04:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan melawan Vietnam pada babak semifinal Piala AFF 2022 di Lapangan A Senayan, Rabu (04/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan melawan Vietnam pada babak semifinal Piala AFF 2022 di Lapangan A Senayan, Rabu (04/01/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengirim psywar untuk kubu Vietnam jelang pertemuan di babak semifinal Piala AFF 2022, Jumat (06/01/23). Dia menyebut tim Golden Star jadi juara Grup B karena lawan-lawannya merupakan tim lemah.

Seperti diketahui, Indonesia lolos ke semifinal setelah jadi runner up Grup A. Skuad Garuda koleksi 10 poin, sama dengan Thailand tapi kalah selisih gol.

Sementara Vietnam melaju ke empat besar usai jadi juara Grup B. Tim asuhan Park Hang-seo kumpulkan 10 dari empat laga tanpa kekalahan dan kebobolan.

Meski Vietnam punya catatan mentereng di Grup B, Shin Tae-yong menyebut hal itu bukan kejutan. Pasalnya empat lawan di Grup B Piala AFF 2022 yakni Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos tidak dalam performa terbaik.

“Menurut saya itu karena lawan Vietnam lemah, jadi mereka (lawannya Vietnam) gak bisa cetak gol. Jadi memang tergantung situasi, beda-beda pandangannya,” ujar Shin Tae-yong.

“Saya lihat Vietnam bagus dalam pertahanan, tapi itu juga tergantung situasi. Jadi pasti bisa beda-beda tiap pertandingan,” tambahnya.

Pertemuan Indonesia vs Vietnam selalu menarik, karena kedua negara belakangan jadi musuh. Hal itu menyusul keberadaan dua pelatih Korea Selatan yakni Park Hang-seo di kubu Vietnam dan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Bersama Timnas Indonesia senior, Shin tak cuma belum pernah menang lawan Vietnam tetapi juga tidak punya catatan gol. 

Pertemuan pertama Timnas Indonesia senior di bawah arahan Shin dengan Vietnam adalah pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab. Ketika itu Timnas Indonesia kalah 0-4.

Setelah laga tersebut, kedua kesebelasan kembali bertemu pada fase grup Piala AFF 2020. Skor imbang tanpa gol jadi hasil akhir.