Liga Indonesia

Sudah Drawing Jauh-jauh Hari, Liga 3 Sumut Akhirnya Malah Batal Digelar

Kamis, 5 Januari 2023 13:45 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© stmed.net/Wikipedia
Logo PSSI Copyright: © stmed.net/Wikipedia
Logo PSSI

INDOSPORT.COM - Undian atau drawing fase grup Liga 3 zona Sumatra Utara (Sumut) telah dilakukan sejak jauh-jauh hari, namun kepastian kapan kompetisi itu bergulir baru terjawab belakangan.

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumut akhirnya memutuskan meniadakan alias batal menggelar Liga 3 Sumut Tahun 2022. Padahal, drawing sudah dilakukan sejak September lalu.

Namun, kompetisi resmi amatir Sumut itu belum terlaksana pasca drawing karena seluruh kompetisi Indonesia di bawah naungan PSSI ditunda imbas Tragedi Kanjuruhan pada awal Oktober kemarin.

Pembatalan Liga 3 Sumut edisi 2022 tertuang dalam surat nomor 112/ASPROV-SUMUT/KS/I/2023 tanggal 3 Januari 2023 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Asprov PSSI Sumut, Kodrat Shah.

Surat tersebut dikeluarkan setelah Asprov PSSI Sumatra Utara menggelar rapat Exco yang digelar sehari sebelumnya, Senin (2/1/23).

Lalu, ada tiga poin hasil rapat tersebut yakni pertama, adanya agenda Kongres Biasa dan Kongres Pemilihan pada Januari dan Februari 2023 yang akan datang.

Kedua, rencana pelaksanaan putaran nasional Liga 3 yang dilaksanakan pada 20 Februari 2023. Ketiga, terlalu mepet dengan agenda kongres biasa dan kongres pemilihan.

"Sehingga, berdasarkan hal tersebut di atas, Asprov PSSI Sumatra Utara memutuskan tidak memutar kompetisi Liga 3 Tahun 2022," demikian bunyi keputusan dalam surat tersebut.

Selain tak menggelar Liga 3 Sumut, dalam surat tersebut mereka juga tak menggelar kompetisi lain seperti Piala Pertiwi Sepak Bola Wanita, Sepak Bola Pantai, serta kompetisi usia dini Piala Soeratin baik U-17, U-15 dan U-13.