Bola Internasional

Piala AFF 2022: Antisipasi Permainan Kasar Vietnam, Begini Respons Shin Tae-yong

Jumat, 6 Januari 2023 13:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Preematch presconference Timnas Indonesia jelang babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Media Center stadion GBK, Kamis (05/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Preematch presconference Timnas Indonesia jelang babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Media Center stadion GBK, Kamis (05/01/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan telah mempersiapkan tim dengan baik untuk lawan Vietnam di semifinal Piala AFF 2022, Jumat (06/01/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Dia optimistis akhiri rekor buruk kala bersua tim Goldem Star Warrior.

Dalam dua pertemuan terakhir di timnas senior, Vietnam lebih unggul dibanding Indonesia. Skuad Garuda kalah 0-4 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan imbang 0-0 di Piala AFF 2020.

“Para fans dan wartawan mesti memikirkan ini. Sebelumnya memang kita pernah melawan Vietnam, tetapi waktu itu kita tak terlalu baik dalam hal latihan, maksudnya waktu itu ada Corona juga,” buka Shin Tae-yong menyoal hasil kurang bagus lawan Vietnam.

Pelatih 52 tahun itu optimis Indonesia bisa akhiri rekor buruk saat jumpa Vietnam. Shin Tae-yong telah bersama para pemain sejak Piala AFF 2020, Kualifikasi Piala Asia sehingga dia lebih mudah menerapkan strateginya.

“Tetapi sekarang sudah tidak ada corona lagi dan liga juga bergulir dengan normal. Jadi, saya langsung ke lapangan untuk memilih pemain-pemain. Sekarang sudah berlalu satu tahun. Dan pastinya semua orang akan merasakan Indonesia bukan lagi tim seperti sebelumnya,” ujarnya.

“Walaupun kita sudah pernah kalah lawan Vietnam sebelumnya, tetapi waktu itu persiapan sangat pendek. Sekarang sudah cukup waktunya mempersiapkan tim lebih baik,” tambah Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menegaskan, masa lalu adalah masa lalu. Perkembangan sepak bola Indonesia saat ini dalam jalur yang bagus, mulai dari staf pelatih dan pemain.