Bola Internasional

Dendy Sulistyawan Buntu di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Bukti Spaso Lebih Baik?

Sabtu, 7 Januari 2023 14:12 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi Dendy Sulistyawan di laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Jumat (06/01/23) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi Dendy Sulistyawan di laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Jumat (06/01/23)

INDOSPORT.COM - Dendy Sulistyawan belum mampu mencetak gol di laga sengit semifinal leg 1 Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Jumat (06/01/23).

Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama menciptakan peluang, namun tak ada gol yang tercipta. Skor akhir 0-0 mewarnai babak semifinal di Gelora Bung Karno.

Menariknya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong melakukan perombakan pemain di lini depan. Egy Maulana, Witan Sulaeman, hingga Ilija Spasojevic menjadi cadangan.

Kemudian, pemain oelapis seperti Dendy Sulistyawan, Yakob Sayuri, dan Marselino Ferdinan masuk sebagai starting line up.

Pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel menilai penampilan trio lini depan Timnas Indonesia cukup bagus dan bisa merepotkan pertahanan tim Vietnam.

"Saya pikir dari segi permainan, tim kita bermain lebih baik dari babak penyisihan. Harus diapresiasi walaupun hasilnya belum berbuah kemenangan," kata Tommy Welly.

"Vietnam bukan lawan yang mudah, tapi leg pertama ini menunjukkan bahwa kita punya peluang untuk bersaing, bahkan kita bisa mengalahkan Vietnam," lanjut Bung Towel.

Komentator sepak bola itu juga menuturkan alasan masuk akal mengapa Shin Tae-yong memilih untuk mengandalkan sosok Dendy Sulistyawan sebagai ujung tombak Timnas.

"Kalau dari sisi kerja keras, memang harus diapresiasi Dendy Sulistyawan ini. Jadi Shin Tae-yong memilih striker yang mau bekerja keras, berlari merebut bola," tutur Bung Towel.

"Spaso juga dimasukkan di menit-menit akhir, saat babak tambahan waktu. Tetapi secara pendekatan strategi memang Dendy Sulistyawan kelihatan strateginya," ujarnya.