Liga Indonesia

Persebaya Resmi Rekrut Gelandang Asal Portugal, Bajol Ijo Siap Panaskan Liga 1 2023

Sabtu, 7 Januari 2023 14:35 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso,

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya resmi mengontrak gelandang asing asal Portugal. Amunisi segar Bajo Ijo ini siap membuat persaingan BRI Liga 2022/2023 putaran kedua memanas.

Gelandang asal Portugal, Jose Pedro Magalhaes Valente sejatinya sudah tergabung dalam sesi latihan Persebaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, sejak Jumat (06/01/23).

Ze Valente sapaan akrabnya, akan mengenakan jersey Bajol Ijo dengan nomor punggun 10. Kehadirannya diharapkan mampu mendongkrak performa Persebaya di paruh kedua Liga 1 2023.

"Dia sudah di Surabaya beberapa hari terakhir, namun karena ada beberapa detail kecil di kontrak yang harus direvisi, maka ia baru bisa berlatih pagi ini,” kata Yahya Alkatiri, manajer Persebaya.

Sebelum merumput di Indonesia bersama PSS Sleman, pria kelahiran 14 Mei 1994 itu lebih banyak bermain di negaranya sendiri, Portugal.

Kala itu, Ze Valente bermain di kasta kedua liga Portugal (Liga Segunda) atau Liga Sabseg pada musim 2021/2022, bersama klub Penafiel.

Lebih lanjut, ia pernah menjuarai kasta kedua Liga Portugal saat membela klub GD Estoril Praia. Ze Valente memutuskan untuk hijrah ke Indonesia.

Bersama PSS Sleman ia mampu bermain impresif pada paruh pertama BRI Liga 1 2022. Bahkan, kedatangannya di Persebaya saat ini adalah permintaan khusus dari Aji Santoso.

Aji yakin Valente akan membuat lini depan Persebaya lebih agresif dan produktif. Meski PSS Sleman kini ada di papan bawah, hal itu bukan masalah untuk mendatangkan gelandang asal Portugal tersebut.

Yang diperlukan Aji adalah skill Valente yang bisa mengangkat performa Persebaya. Seperti halnya Leo Lelis yang musim lalu membela tim degradasi Persiraja, namun bersama Bajol Ijo saat ini menjadi salah satu defender terbaik di tanah air.