Bola Internasional

Bikin Zinedine Zidane Menangis, Timnas Prancis Gandeng Didier Deschamps Hingga Piala Dunia 2026

Minggu, 8 Januari 2023 16:20 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Dylan Martinez
Pelatih Prancis Didier Deschamps saat merayakan kemenangan Prancis melaju ke semifinal Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez) Copyright: © REUTERS/Dylan Martinez
Pelatih Prancis Didier Deschamps saat merayakan kemenangan Prancis melaju ke semifinal Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

INDOSPORT.COM – Usai membawa Prancis melaju ke final Piala Dunia 2022, Didier Deschamps ternyata akan menambah kontrak hingga 2026 nanti.

Ini artinya, Didier Deschamps akan kembali membawa timnas Prancis melaju hingga gelaran Piala Dunia 2026 di Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat.

Pengumuman mengenai perpanjangan kontrak Didier Deschamps sendiri dilakukan pada hari Sabtu (07/01/23) lalu.

Sebelumya, eks pemain tengah timnas Prancis ini menangani Les Bleus sejak Juli 2012 dan membawa tim ke tangga yang penting.

Hanya saja, satu noda dalam karier kepelatihan Deschamps adalah kegagalan memenangi Piala Eropa yang menjadi gelar prestisius yang hilang.

Pada gelaran tahun 2016, Prancis yang baru dibentuk oleh Deschamps kalah dari Portugal yang bermain di final tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo yang cedera dan tak tampil penuh.

Hanya saja, gol Eder kemudian membuyarkan ambisi Prancis yang harus merelakan gelar Piala Eropa 2016 jatuh ke tangan Portugal.

Di sisi lain, Piala Eropa 2020 menjadi sisi kelam Prancis yang lagi-lagi gagal menjadi juara usai hanya mampu mencapai babak 16 besar sebelum dikalahkan Swiss melalui babak adu penalti.

Meskipun belum berhasil memenangkan Piala Eropa yang mungkin baru akan diraih di tahun 2024 nanti, Deschamps sudah memenangkan dua gelar prestisius.

Timnas Prancis yang kini dibangun dengan mengandalkan Kylian Mbappe sebagai porosnya mampu dibawa ke dua final Piala Dunia.