Bola Internasional

AFC Ungkap Skenario Terburuk Vietnam di Piala AFF 2022: Tak Lolos Final Hingga Kalah dari Indonesia

Senin, 9 Januari 2023 18:56 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (06/01/23).

INDOSPORT.COM - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengungkapkan skenario terburuk Timnas Vietnam di Piala AFF 2022, Golden Star Warriors tak lolos final jika kebobolan gol.

Timnas Vietnam akan menjamu Timnas Indonesia dalam babak semifinal leg ke-2 Piala AFF 2022, di Stadion My Dinh pada Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Sebelumnya kedua tim sudah melakoni leg-1 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/2023) dengan harus puas berbagi angka 0-0.

Menilik regulasi turnamen Piala AFF 2022, disebutkan babak semifinal dan final kembali menggunakan peraturan gol tandang.

Artinya, setiap gol yang dicetak tim tamu sangat berharga di semifinal Piala AFF 2022. Dengan aturan ini, Timnas Indonesia sedikit diuntungkan karena telah berhasil menahan imbang Vietnam di leg pertama.

"Jika tim yang berpartisipasi mencetak jumlah gol yang sama, aturan gol tandang akan berlaku," bunyi Pasal 13.4 dalam regulasi Piala AFF 2022.

Namun, kondisi kurang menguntungkan berada di pihak skuat asuhan Park Hang-seo, mereka harus bisa menggagalkan skuat Garuda mencetak gol di My Dinh.

Hal senada juga diungkapkan oleh AFC yang menilai, meski Timnas Vietnam diuntungkan bermain di kandang sendiri, pihaknya juga perlu berhati-hati dengan permainan Shin Tae-yong yang berambisi lolos final Piala AFF 2022.

Duel leg kedua ini, juga berpotensi menjadi pemutus rekor Golden Star Warriors yang diketahui tak pernah kalah di kandang sendiri.

"Hasil imbang akan membuat mereka tersingkir di semifinal untuk musim kedua berturut-turut. Sementara itu, Indonesia asuhan Shin Tae-yong membidik final ke-7 di Piala AFF," tulis AFC, dikutip dari laman resminya.