Bola Internasional

Hasil Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022: Vietnam vs Indonesia, Skuad Garuda Gagal ke Final

Senin, 9 Januari 2023 21:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala AFF 2022. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Indonesia, Senin (09/01/23) telah berakhir, di mana skuad Garuda gagal melangkah ke final.

Timnas Indonesia gagal melanjutkan kiprahnya ke final Piala AFF 2022 setelah menelan kekalahan di leg kedua semifinal kontra Vietnam dengan skor 2-0.

Bertanding di Stadion My Dinh, anak asuh Shin Tae-yong ini tumbang lewat dua gol cepat Nguyen Tien Linh masing-masing di menit ke-3 babak pertama dan menit ke-47 di babak kedua.

Kekalahan ini pun membuat skuad Garuda harus puas memperebutkan tempat ketiga saja dan gagal mengulangi pencapaiannya di edisi sebelumnya yang lolos final Piala AFF 2020.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Bermain di markas sendiri, Vietnam langsung menggempur pertahanan Timnas Indonesia sejak sepak mula dan berhasil mencetak gol cepat lewat Nguyen Tien Linh di menit ke-3.

Setelah tertinggal sejak menit awal, pasukan Shin Tae-yong lantas mencoba keluar dari situasi tertekan dan terus mencari celah untuk menyamakan kedudukan.

Hal ini membuat pasukan The Golden Stars mengandalkan serangan balik cepat dan bermain bertahan agar tak kebobolan.

Di menit ke-24, Dendy Sulistyawan terjatuh tepat di kotak penalti Vietnam setelah dilanggar Que Ngoc Hai. Tetapi, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Keributan pun sempat tersaji di laga ini setelah bek kiri Vietnam, Doan Van Hau, melakukan pelanggaran terhadap Asnawi Mangkualam.

Setelah tiga menit tambahan waktu diberikan oleh wasit di babak pertama ini, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Vietnam atas Timnas Indonesia.