Bola Internasional

Resmi! Usai Berpisah dengan Belgia, Roberto Martinez Jadi Nahkoda Baru Portugal

Senin, 9 Januari 2023 22:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Valerio Pennicino - UEFA/UEFA via Getty Images
Roberto Martinez pada laga melawan Prancis di Juventus Stadium Copyright: © Valerio Pennicino - UEFA/UEFA via Getty Images
Roberto Martinez pada laga melawan Prancis di Juventus Stadium

INDOSPORT.COM – Pelatih kenamaan Spanyol, Roberto Martinez, resmi ditunjuk menjadi nahkoda baru Timnas Portugal usai melepaskan jabatannya dari kursi juru taktik Belgia.

Dilansir dari media sosial Timnas Portugal, @selecaoportugal, pelatih berusia 49 tahun ini ditunjuk untuk menggantikan Fernando Santos yang juga mundur.

"Selamat pagi semuanya dan terima kasih telah menerima undangan dalam penyambutan pelatih baru Portugal, Roberto Martinez,” ucap Fernando Gomez selaku Presiden Federasi Sepak Bola Portugal, FPF.

Dilaporkan dari berbagai sumber, eks pelatih Wigan Athletic ini dikabarkan dikontrak oleh Timnas Portugal hingga 2026 nanti.

Kontrak tersebut membuat Martinez akan memimpin Portugal di dua ajang bergengsi, yakni di Euro 2024 dan juga Piala Dunia 2026 mendatang.

Penunjukkan Roberto Martinez sendiri bukan tanpa alasan. Portugal menilai figurnya cocok untuk memimpin generasi emas Selecao das Quinas, julukan Portugal.

Roberto Martinez mampu membawa Belgia nangkring di ranking nomor satu dunia selama tiga tahun berturut-turut.

Nahas rekam jejak itu tak berbanding lurus dengan prestasi, di mana Martinez gagal membuat generasi emas Belgia meraih satu gelar pun di turnamen besar.

Meski rekam jejaknya kalah dari Fernando Santos yang berhasil menjuarai Euro 2016, Portugal percaya bahwa Martinez bisa mengangkat derajat Selecao das Quinas.