Liga Indonesia

Babak Belur Digebuk Vietnam, Shin Tae-yong Perlu Analisa Kelemahan Timnas Indonesia

Selasa, 10 Januari 2023 16:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih sulit mencerna kekalahan yang diterima saat menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Dia merasa harus menganalisa hal tersebut.

Timnas Indonesia memang harus mengakui keunggulan Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Bermain di Stadion My Dinh, Hanoi, Jordi Amat cs. takluk dengan skor 0-2.

Hasil ini membuat The Golden Star Warriors berhak lolos ke final dengan agregat 2-0 setelah sukses menahan imbang tanpa gol di Jakarta pada leg pertama, Jumat (6/1/23).

Selepas pertandingan, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku belum bisa melakukan evaluasi secara instans. Setidaknya ia membutuhkan waktu untuk melakukan analisa dan mengevaluasi kekalahan dari Vietnam.

"Saya belum bisa mengatakannya (Penyebab kekalahan Timnas Indonesia). Saya harus melakukan menganalisanya," ucap Shin Tae-yong selepas laga, Senin (9/1/23).

Kekalahan ini membuat Shin Tae-yong masih harus kerja keras untuk membangun sepak bola Indonesia. Vietnam menunjukkan jarak kualitas antara kedua negara, sehingga Skuat Garuda butuh pembenahan lebih lanjut.

"Saya, dan kami, harus terus bekerja untuk mengembangkan sepak bola Indonesia," jelas Shin Tae-yong menyoal kekalahan timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Diketahui, timnas Indonesia kembali gagal memenuhi target dari PSSI untuk menjuarai Piala AFF 2022 sekaligus dipaksa mengubur mimpi merengkuh trofi turnamen dua tahunan itu untuk kali pertama dalam sejarah.