Bola Internasional

Timnas Indonesia Gagal di Piala AFF 2022, Begini Kata Tangan Kanan Shin Tae-yong

Selasa, 10 Januari 2023 20:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Pemain Timnas Indonesia Marc Klok memprotes keras wasit pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pemain Timnas Indonesia Marc Klok memprotes keras wasit pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto mengatakan akan ada evaluasi total yang dilakukan tim pelatih pasca skuad Garuda gagal melaju ke final Piala AFF 2022. Saat ini, tim dibubarkan terlebih dahulu.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia terhenti di semifinal Piala AFF 2022 setelah kalah agregat 0-2 dari Vietnam. Itu membuat tim Merah Putih gagal mengulang catatan di edisi 2020 dimana Indonesia melaju ke final. 

Indonesia bermain imbang 0-0 di semifinal leg pertama di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Tapi, Asnawi Mangkualam dkk, kemudian kalah 0-2 saat bertandang ke Vietnam.

Hasil kurang memuaskan tersebut dikatakan akan dievaluasi tim pelatih. Sebab, Timnas Indonesia akan berpartisipasi di Piala Asia yang bakal dimainkan 16 Juni hingga 16 Juli2023.

Nova Arianto mengatakan, pelatih kepala, Shin Tae-yong nantinya akan menjelaskan apa yang jadi kekurangan tim pada Piala AFF tahun ini.

"Oh pasti akan jadi evaluasi. Kalau masalah itu (kelelahan) dan lainnya, itu nanti coach Shin yang menjelaskan," kata Nova Arianto secara singkat.

Pada laga lawan Vietnam, Senin (09/01/23) di My Dinh Stadium, Indonesia kebobolan cepat di awal babak pertama dan kedua. Striker tuan rumah, Nguyen Tien Linh jadi mimpi buruk lewat golnya menit ke-3 dan 47.

Shin Tae-yong pun telah menyatakan akan menganalisis penyebab kekalahan Timnas Indonesia dari Vietnam di semifinal kedua.

Karena itu dia belum bisa menjelaskan secara detail penyebab secara keseluruhan kekalahan atas Vietnam tersebut.

"Saya membutuhkan lebih banyak analisis dan saya tidak bisa mengatakan apa-apa tanpa menganalisis videonya," jelas pelatih asal Korea Selatan itu.