Bola Internasional

Gagal Lolos ke Final Piala AFF 2022, Asisten Shin Tae-yong Buka Suara Timnas Indonesia Dihujat

Rabu, 11 Januari 2023 17:55 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pemain Timnas Indonesia Marc Klok memprotes keras wasit pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pemain Timnas Indonesia Marc Klok memprotes keras wasit pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM – Asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto buka suara usai timnas Indonesia dihujat karena kalah dari Vietnam dan gagal melaju ke final Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia kembali menunda mimpinya untuk mengangkat trofi Piala AFF 2022 usai dikalahkan Vietnam dengan skor 2-0 di semifinal leg kedua pada Senin (9/1/23).

Vietnam tampil taktis di sepajang pertandingan dengan melesatkan 12 tembakan dengan lima yang tepat sasaran. Sementara timnas Indonesia tampil mendominasi namun tak mendapatkan satu pun peluang emas.

Oleh sebab itu, banyak penggemar yang kecewa dengan permainan timnas Indonesia di laga semifinal Piala AFF 2022. Bahkan, beberapa pemain menjadi sasaran hujatan netizen di sosial media.

Sadar akan pemain yang banyak mendapat kritikan, asisten pelatih Shin Tae-yong yakni Nova Arianto buka suara. Sebagaimana dilansir dari unggahan akun Instagram-nya belum lama ini.

“Hasil yang pastinya tidak sesuai harapan dan ekspetasi kita semua yang berharap tahun ini timnas bisa menjadi juara AFF, pastinya semua pemain sudah bekerja keras tapi kita semua tau terkadang kita bisa bermain di top level kita tetapi kita juga bisa under perform dari setiap penampilan pemain,” tulis Nova.

“Harus jujur Timnas tidak bermain di level terbaiknya, maka dari itu pemain harus tau level terbaik, di mana dan harus berusaha bermain di standar terbaik mereka dan kalau perlu bermain lebih dari level terbaik mereka,” imbuhnya.

“Memang banyak yang disesali tetapi jangan pernah kita mencari alasan atas hasil yang didapat. Tapi di sini mental pemain diuji di saat semua orang mungkin menghujat timnas bagaimana cara pemain untuk keluar dari situasi yang ada saat ini untuk lebih kuat,” sambung Nova Arianto.

Selain itu, Nova Arianto turut mengucapkan terima kasih kepada Shin Tae-yong, seluruh jajaran pelatih dan pemain yang telah bekerja keras demi persiapan Piala AFF 2022.

Sementara itu, usai Piala AFF 2022, timnas Indonesia rencananya akan melakoni FIFA Matchday yang dijadwalkan berlangsung pada Maret 2023.