Liga Indonesia

Kalah dari Persib, Persija Tak Ikut Preskon: Ini Alasan dan Kronologinya

Rabu, 11 Januari 2023 21:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta, pada pertandingan tunda pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (11/1/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta, pada pertandingan tunda pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (11/1/23).

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta dilaporkan tidak menghadiri sesi jumpa pers setelah pertandingan melawan Persib Bandung pada laga tunda Liga 1 2022, Rabu (11/01/23) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Rupanya ada alasan khusus terkait hal itu.

Sesi jumpa pers setelah pertandingan adalah hal wajib yang diatur dalam regulasi. Jika tidak hadir, tim terkait akan mendapatkan sanksi dan denda dari Komdis PSSI.

Akan tetapi, Persija rupanya disarankan untuk lebih cepat keluar dari Stadion GBLA setelah menelan kekalahan 0-1 dari Persib pada laga sore tadi.

Media officer Persija, Muhammad Nadhil menjelaskan, pihak Kepolisian yang meminta hal tersebut ke tim Persija. Alasannya adalah keamanan, mengingat rivalitas sengit kedua klub.  

"Tadi kami satu tim hanya punya waktu sedikit setelah selesai pertandingan.  Kami diharuskan untuk pergi langsung dari Bandung, jadi di waktu presscon kami ada misscom," tutur Nadhil.

"Iya (instruksi Kepolisian). Tadi kami pas di locker room diminta cepat karena ada arahan soal pengamanan dari Kepolisian," imbuhnya.

Sementara itu, media officer Persib Bandung, Jatnika Sadili menjelaskan ada sedikit miss komunikasi. Sebenarnya, pihak keamanan sudah berikan waktu 15 menit untuk jumpa pers, tapi ada kendala sehingga tidak terlaksana.

"Ada sedikit miss, kronologinya, ada permintaan dari pihak keamanan untuk preskon sesuai regulasi itu 15 menit usai pertandingan. Karena ini untuk kepentingan keamanan maka dipercepat," bukanya. 

"Kami siapkan preskon lebih cepat setelah pertandingan, tapi ketika datang ke lokasi preskon, Persija tidak disertai pemain,"

"Ketika mau dipanggil pemainnya, Andritany (Ardhiyasa) sudah jalan menuju ruangan preskon, tapi pelatih Thomas Doll sudah keluar,"

"Saya juga belum ada konfirmasi kenapa tidak mau melanjutkan preskon dan langsung pulang," tambahnya.