In-depth

Kisah Kehancuran Karier Robinho: Titisan Pele yang Kini Sulit Cari Klub karena Skandal Pemerkosaan

Kamis, 12 Januari 2023 13:10 WIB
Editor: Isman Fadil
© AMA/Corbis via Getty Images
Mantan pemain Manchester City, Robinho. Copyright: © AMA/Corbis via Getty Images
Mantan pemain Manchester City, Robinho.

INDOSPORT.COM - Nama Robinho sempat melambung kala dirinya bergabung dengan klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid, Pada 2005 silam.

Bakat Robinho sudah terlihat sejak tahun 1999 saat usianya masih 15 tahun. Saat itu, sosok bernama lengkap Robson de Souza ini.

Pria kelahiran Sao Vicente, Sao Paulo, 38 tahun silam itu digadang-gadang bakal menjadi bintang besar negeri samba di masa depan.

Sampai-sampai legenda Brasil, Pele, menyebut bahwa Robinho akan menjadi suksesornya di Timnas Brasil.

"Dia adalah calon penerusku," kata Pele pada 1999 silam.

Tiga tahun berselang, Pele semakin yakin kalau Brasil sudah menemukan "Pele versi kedua". Saat itu, Robinho membawa Santos menjuarai Campeonato Brasileiro Série A, yang diulangnya kembali di tahun 2004. 

Kebetulan, Santos juga merupakan klub yang membesarkan nama Pele. Cocok sudah kesamaan Pele dan Robinho. Sama-sama bermain di Santos, berposisi penyerang, dengan gaya bermain yang mirip.

Selama empat musim memperkuat Santos, Robinho mencetak 81 gol dari 180 penampilan. Jumlah yang cukup banyak untuk seorang penyerang muda. 

Tak ayal, penampilannya bersama Santos membuat klub-klub tenar Eropa ingin mengontraknya. Real Madrid dan Barcelona kepincut dengan Robinho yang kala itu baru berusia 21 tahun.

Namun, Real Madrid berhasil memenangkan hati Robinho untuk membawanya ke Santiago Bernabeu pada tahun 2005.