Liga Indonesia

Liga 1: Karim Rossi Jadi Ancaman, Leonardo Medina Tegaskan Fokus Utama Persis Solo

Jumat, 13 Januari 2023 17:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi Karim Rossi bersama para pemain Dewa United usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang di Piala Presiden 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi Karim Rossi bersama para pemain Dewa United usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang di Piala Presiden 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, menyadari ancaman Dewa United melalui Karim Rossi di Liga 1 2022/2023. Namun, Laskar Sambernyawa bisa mencuri poin andai tampil lebih baik.

Duel tim promosi ini akan tersaji di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (14/01/23) malam. Kedua tim bertanding dengan membawa misi yang berbeda.

Persis Solo terbang ke Tangerang dengan misi membalas kekalahan 2-3 pada pertemuan pertama di Magelang. Satu dari tiga gol yang dicetak Dewa United berasal dari kepala Karim Rossi.

Sementara Dewa United ingin memenangkan pertandingan guna keluar dari papan bawah. Peringkat mereka turun drastis karena hasil jeblok pada enam laga sistem bubble Liga 1.

Leonardo Medina tak memandang Dewa United dari sisi peringkat. Apalagi pada putaran kedua ini Dewa United kedatangan pelatih berpengalaman asal Belanda, Jan Olde Riekerink.

Leonardo pun tahu bahwa Karim Rossi merupakan sosok berbahaya. Dia sudah mencetak lima gol dalam 16 penampilan, termasuk ke gawang Persis Solo.

Namun, Persis Solo bekerja bukan untuk mengatasi satu andalan pemain lawan. Leonardo menegaskan pentingnya untuk fokus pada tim sendiri dan tampil bagus dalam pertandingan.

"Dia (Karim) merupakan pemain yang sangat bagus. dia kuat, juga cepat, tapi saya harus jujur, menurut saya hal terpenting itu bukan terletak pada pemain lawan, yang paling penting itu bagaimana kami berkembang," kata Leonardo di Stadion Sriwedari Solo, Kamis (12/01/23) petang.

Bahkan, bukan sekadar Karim Rossi, andai Dewa United memiliki Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo, Leonardo menegaskan Persis Solo tak perlu khawatir.

Mantan asisten Johor Darul Takzim ini cukup yakin bahwa Persis Solo bisa mengatasi perlawanan Dewa United andai bermain lebih baik lagi.

"Jika kami berkembang dengan baik, bukan sebuah masalah siapapun lawan yang perlu dihadapi. Andai kata itu Messi atau CR, saya tidak terlalu peduli siapa lawan kami, karena kami harus menjadi lebih baik," tegas pelatih asal Meksiko ini.

"Mungkin seseorang bilang ini gila tapi inilah kenyataannya, jika kami mau meladeni lawan yang baik, kami harus lebih baik dari itu," lanjutnya.