Liga Indonesia

Liga 1: Profil Ryo Fujii, Gelandang Baru PSIS Semarang Pengganti Jonathan Cantillana

Sabtu, 14 Januari 2023 15:34 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSIS Semarang
Gelandang anyar PSIS Semarang, Rio Fujii. Copyright: © Media PSIS Semarang
Gelandang anyar PSIS Semarang, Rio Fujii.

INDOSPORT.COM - Ryo Fujii sudah diresmikan PSIS Semarang usai sebulan menjalani masa trial. Gelandang asal Jepang ini menjadi sosok pengganti Jonathan Cantillana. Siapa sebenarnya Ryo Fujii?

Ryo Fujii bukan sosok yang benar-benar asing di Indonesia. Tahun lalu dia mengenal Liga 1 ketika melawan Bali United pada Piala AFC 2022.

Dia datang ke Bali menjadi bagian dari klub Filipina, Kaya FC Iloilo. Dalam tiga partai fase grup, Ryo Fujii tak tergantikan, termasuk saat melawan Bali United.

Ketika melawan Ilija Spasojevic dkk di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Ryo Fujii harus menelan kekecewaan. Bali United tampil bagus untuk menang 1-0 atas Kaya FC.

Ryo Fujii sampai pontang-panting meredam lini tengah Bali United yang ditempati Brwa Nouri, Fadil Sausu, dan Eber Bessa.

Jejak karier Ryo Fujii bukan saja ada di Kaya FC Iloilo. Pemain berusia 26 tahun ini pernah merumput di kompetisi kasta kedua Amerika Serikat, USL Championship, edisi 2015-2017.

Ryo Fujii membela tim LA Galaxy II. Di tim yang pernah booming berkat David Beckham ini, Ryo Fujii menjadi sosok tak tergantikan dalam tiga musim.

Pada 2017, berdasarkan statistik Soccerway, Ryo Fujii tampil dalam 26 pertandingan. Ia turut mencatatkan satu gol saat membawa LA Galaxy II menang atas Orange County 1-0.

Performa impresif itu membuat Ryo Fujii dengan mudah diterima klub Liga 2 Swedia, Nykoping. Dia tampil dalam 28 pertandingan sepanjang 2018.