Liga Indonesia

Menpora Zainudin Amali Dinilai Layak Dampingi Erick Thohir Jadi Waketum PSSI

Sabtu, 14 Januari 2023 16:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali

INDOSPORT.COM - Nama Menpora Zainudin Amali dinilai layak menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Dia bisa mendampingi Erick Thohir sebagai Ketua Umum.

Pernyataan ini berdasarkan penilaian Founder Football Institute, Budi Setiawan. Dia menganggap sosok Zainudin Amali banyak membantu dalam perkembangan sepak bola Indonesia.

Memang pesan sepak bola terkadang sudah tersematkan terhadap sosok Zainudin Amali disaat pelantikan dirinya oleh Presiden Joko Widodo.

Kala itu, Presiden Joko Widodo menitipkan pesan kepada Zainudin Amali untuk tidak melupakan permasalahan sepak bola Indonesia.

Peran Zainudin Amali sebagai Menpora pun semain tampak untuk sepak bola Indonesia saat membantu PSSI menerjang badai Pandemi Covid-19 pada 2020 lalu. Kala itu kompetisi Liga 1 terpaksa dibatalkan.

Di tengah ambang ketiadaan sepak bola Indonesia selama masa pandemi, Zainudin Amali kembali menghidupkan gairah di 2021 melalui hadirnya Piala Menpora.

Meski digelar tanpa penonton karena pandemi Covid-19, Piala Menpora 2021 hadir juga berkat hasil komunikasi Zainudin Amali kepada pihak-pihak yang berwenang.

"Sangat terlihat sepak terjang PSSI ketika Covid-19, namun akhirnya ada Zainudin Amali yang selalu muncul terdepan melobi kepolisian, Kemenkes, BNPB, dan Presiden Joko Widodo. Sehingga, kompetisi dapat berjalan di era transisi pandemi Covid-19," ucap Budi Setiawan.

Tidak berhenti di situ, peran Zainudin Amali juga terlihat saat sepak bola Indonesia mengalami duka imbas Tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober lalu.

Bagaimana tidak dalam tragedi yang menewaskan 135 orang itu, Zainudin Amali melakukan komunikasi intens dengan Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD dan kepolisian.