Bola Internasional

5 Pemain Bintang yang Hijrah ke Klub Asia di Penghujung Kariernya

Senin, 16 Januari 2023 13:49 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Carl Recine
Legenda Juventus, Alessandro Del Piero. Foto: REUTERS/Carl Recine. Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Legenda Juventus, Alessandro Del Piero. Foto: REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Sudah jadi hal yang biasa jika seorang bintang sepak bola mengakhiri kariernya di luar Eropa. Ada banyak pemain yang menuju Asia di penghujung kariernya.

Sebagaimana diketahui, Amerika Serikat menjadi salah satu tujuan utama bagi kebanyak pesepak bola setelah memasuki usia senjanya.

Tetapi, ada pula yang bermain untuk klub-klub di tingkat Asia. Ada banyak faktor yang menentukan, salah satunya adalah perihal gaji.

Meski begitu, para pemain ini tetaplah seorang bintang yang pernah menghiasi kancah perhelatan sepak bola terbaik di Eropa, bahkan dunia.

Berikut lima pemain bintang yang bermain untuk klub Asia di penghujung kariernya.

Alessandro Del Piero

Setelah 19 tahun bermain untuk Juventus, Alessandro Del Piero mengakhiri kariernya dengan bergabung di Delhi Dynamos, klub asal India, pada Agustus 2014.

Selama bermain untuk Dynamos, striker legendaris Italia tersebut mencetak empat gol dalam 14 penampilan. Tetapi, dia hanya bermain semusim di sana.

Del Piero juga sempat bermain untuk Sydney FC, klub asal Australia, pada September 2012 hingga April 2014 dengan mencerak 24 gol dalam 48 laga.