Liga Indonesia

Masa Depan di Timnas Indonesia Belum Jelas, Shin Tae-yong Dipepet PSIS Semarang

Senin, 16 Januari 2023 16:03 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM - Masa depan di Timnas Indonesia belum jelas, Shin Tae-yong justru dipepet oleh klub Liga 1, PSIS Semarang.

Sebagaimana diketahui, masa depan Shin Tae-yong menjadi tanda tanya, sejak sang pelatih gagal membawa Timnas Indonesia menembus babak final Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia gagal mencetak gol di babak semifinal leg 2 Piala AFF 2022 kontra Vietnam, sehingga perjalanannya terhenti.

Padahal sebelumnya, Shin Tae-yong bisa membawa Timnas Indonesia bermain di final Piala AFF 2020, bahkan berhasil lolos ke Piala Asia 2023 melalui jalur kualifikasi.

Kegagalan di Piala AFF 2022 membuat dua kubu. Ada yang berharap Shin Tae-yong dipertahankan sebagai pelatih Garuda, namun ada pula pihak yang menolaknya.

Bukan dari pihak eksternal, suara yang menyatakan Shin Tae-yong putus kontrak justru datang dari internal PSSI. Sejumlah Exco yang menyatakan hal itu ke media.

"Gagal, out lah," kata anggota Exco PSSI, Juni Rachman.

"Para Pemuja STY, waktu dan tempat dipersilahkan," komentar lainnya dari anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro.

Meski demikian, ada pula anggota Exco PSSI yang berharap Shin Tae-yong bisa dipertahankan sebagai pelatih Timnas Indonesia, salah satunya AS Sukawijaya.

"Saya pasti mendukung Shin Tae-yong sampai akhir kontraknya, dan kalau bisa diperpanjang," ujar pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu di Jakarta, Minggu (15/01/23).

Menurut Yoyok Sukawi, berdasarkan pengalamannya di dunia sepak bola selama lebih dari 20 tahun, Shin Tae-yong adalah pelatih yang bagus untuk Timnas Indonesia.