Liga Indonesia

Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022, Coach Justin: Shin Tae-yong Wajib Stay!

Senin, 16 Januari 2023 17:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Media Center stadion GBK, Rabu (28/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Media Center stadion GBK, Rabu (28/12/22).

INDOSPORT.COM - Meski Timnas Indonesia gagal ke final Piala AFF 2022, Coach Justin berharap PSSI masih mau mempertahankan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia gagal ke final Piala AFF 2022, saat kalah dari Vietnam di babak semifinal leg kedua.

Ini adalah kegagalan kedua setelah edisi Piala AFF 2020 lalu, Timnas Indonesia hanya bisa mencapai babak final, tetapi kalah dari Thailand dan belum mengangkat trofi juara.

Sejak kegagalan di Piala AFF 2022, banyak yang menyuarakan agar Shin Tae-yong diputus saja kontraknya dan tidak lagi menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Bukan dari pihak eksternal, suara yang menyatakan Shin Tae-yong putus kontrak justru datang dari internal PSSI. Sejumlah Exco yang menyatakan hal itu ke media.

"Gagal, out lah," kata anggota Exco PSSI, Juni Rachman.

"Para Pemuja STY, waktu dan tempat dipersilakan," komentar lainnya dari anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro.

Di pihak lain, salah satu pengamat sepak bola nasional, Justinus Lhaksana alias Coach Justin, berharap PSSI masih mau melanjutkan kontrak Shin Tae-yong.

Pasalnya, meski gagal merengkuh trofi juara Piala AFF 2022, Shin Tae-yong membuat grafik perkembangan Timnas Indonesia mengalami kenaikan secara signifikan.

"Gue tidak mau salahkan Shin Tae-yong, sama sekali. Untuk gue, Shin Tae-yong stay, seratus persen," blak-blakan Coach Justin.

"Kita enggak bisa menilai hanya dari satu event ini. Kita lihat progresnya (Timnas) ke atas, tetapi progres ke atas ini ada up and down, sekarang kita dalam posisi down."