In-depth

Yann Sommer Direbut Bayern Munchen, 4 Kiper Ini Cocok Digaet Man United Gantikan David de Gea

Kamis, 19 Januari 2023 15:29 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Getty Images
Manchester United kembali melewatkan target besar mereka di bursa transfer musim dingin 2023 usai Yann Sommer direbut oleh Bayern Munchen. Copyright: © Getty Images
Manchester United kembali melewatkan target besar mereka di bursa transfer musim dingin 2023 usai Yann Sommer direbut oleh Bayern Munchen.

INDOSPORT.COM - Manchester United kembali melewatkan target besar mereka di bursa transfer musim dingin 2023 usai Yann Sommer direbut oleh Bayern Munchen.

Padahal mereka sudah menginginkan kiper 33 tahun asal Swiss itu untuk menjadi penggusur David de Gea dari starting XI pada musim 2023/2024 mendatang.

Rencananya United hendak merekrut Sommer sebagai free agent dari Borussia Monchengladbach saat 2022/2023 berakhir namun kemudian Bayern bergerak lebih cepat.

Tidak seperti The Red Devils, Die Roten memilih untuk menebus sisa kontrak sang pemain dengan mahar 8 juta Euro dan akhirnya kepindahan dari Borussia Park menuju Allianz Arena pada Januari ini juga.

Yann Sommer padahal sangat dibutuhkan oleh Manchester United untuk memperkuat sektor penjaga gawang mereka yang butuh pemain dengan arketipe yang lebih modern seperti mampu terlibat dalam pembangunan serangan alih-alih hanya menghalau tembakan lawan.

David de Gea, opsi terbaik Setan Merah saat ini memang sudah menunjukkan tanda-tanda perkembangan dengan lebih sering melepas umpan baik pendek maupun panjang.

Di Liga Inggris 2022/2023, Squawka mencatat De Gea telah 25,8 operan per 90 menit yang 13,3 diantaranya adalah umpan jarak jauh. Jauh lebih banyak dari musim sebelumnya yang tidak hanya menunjukkan volume yang lebih sedikit namun juga akurasi yang lebih buruk.

© Squawka
Perbandingan statistik David de Gea dalam dua musim terakhir. Copyright: SquawkaPerbandingan statistik David de Gea dalam dua musim terakhir.

Hanya saja bagi Erik ten Hag, manajer United, merasa jika kedatangan satu kiper di bursa transfer dengan kaliber top ke Old Trafford akan membawa banyak nilai positif.

Tidak hanya memicu persaingan internal yang lebih ketat, progres sukses di bawah rezimnya pun akan berjalan lebih cepat.

Mengingat Yann Sommer kini sudah tidak lagi bisa digaet, maka kami menyarankan agar Manchester United berpaling pada empat nama berikut ini yang punya sejumlah kelebihan untuk dipertimbangkan.