Liga Indonesia

Liga 1: Sebut Bali United Istimewa, Cara Pelatih PSM Bikin Lawan Lengah?

Jumat, 20 Januari 2023 11:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares (kanan), bersama interpreter, Roy Wanson Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bernardo Tavares (kanan), bersama interpreter, Roy Wanson

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, tetap memandang Bali United sebagai lawan istimewa menjelang bentrok di Stadion Sultan Agung, Bantul, dalam laga pekan ke-19 Liga 1 Indonesia 2022-2023, Jumat (20/1/23).

Duel di Bantul menjadi perjumpaan kedua musim ini. Bali United tidak berdaya di hadapan Ramadhan Sananta cs. dalam laga pertama di Stadion BJ Habibie, Parepare.

Bali United keok 0-2 lewat gol Everton Nascimento dan Yakob Sayuri. Kekalahan itu melanjutkan catatan jelek setiap berjumpa PSM di era Stefano Cugurra.

Dalam lima perjumpaan di Liga 1, PSM Makassar menang tiga kali dan Bali United hanya menang sekali. Sementara satu laga lain berakhir imbang.

Meski begitu, Bernardo Tavares tetap melihat Bali United sebagai tim yang istimewa. Apa pun yang terjadi, mereka tetaplah tim yang juara dalam dua musim terakhir.

"Kami menghadapi tim yang kuat dan Bali United adalah tim yang juara dua kali. Tentu saja akan menjadi laga yang berbeda buat kami," kata Bernardo Tavares, Kamis (19/1/23).

Satu kesamaan dibanding laga sebelumnya melawan PSS Sleman hanyalah status tanpa penonton. Ya, PSM juga tak bisa menggelar laga tanpa penonton pada laga terakhir di Parepare.

Bernardo Tavares juga ingin PSM Makassar bermain dengan cara yang sama untuk meraih kemenangan. Namun, Tavares menyadari Bali United merupakan level berbeda.

"Kami akan berusaha menerapkan hal yang sama, seperti laga sebelumnya, bermain bagus, agresif dan fokus. Kami berusaha mendapatkan hasil yang bagus, tapi tidak akan mudah karena Bali juga tim kuat," jelas Tavares.