Liga Italia

Kena Sanksi Pengurangan 15 Poin, Juventus Langsung Bikin Pernyataan Resmi

Sabtu, 21 Januari 2023 10:59 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus mendapatkan hukuman pengurangan 15 poin. Melalui laman official, klub Si Nyonya Tua membuat pernyataan resmi. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus mendapatkan hukuman pengurangan 15 poin. Melalui laman official, klub Si Nyonya Tua membuat pernyataan resmi.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus mendapatkan hukuman pengurangan 15 poin. Melalui laman official, klub dengan julukan Si Nyonya Tua membuat pernyataan resmi.

Pecinta sepak bola Liga Italia (Serie A) baru-baru ini dikejutkan dengan kabar sanksi pengurangan 15 poin Juventus dalam kasus pemalsuan nilai transfer serta keuntungan modal.

Hukuman ini dijatuhkan oleh Pengadilan Banding Federal dalam sidang yang digelar pada Jumat (20/01/23) waktu setempat.

Tentu, keputusan ini sangat memberatkan dan merugikan Juventus yang notabene merupakan klub papan atas Serie A. Terbukti, Moise Kean dkk terjun bebas di klasemen Liga Italia.

Juventus melorot dengan berada di posisi ke-10 klasemen. Padahal sebelumnya, skuat asuhan Massimiliano Alegri bertengger di posisi ketiga.

Imbas dari pengurangan poin yang dijatuhkan Jaksa Federal Sepak Bola Italia (FIGC), Juventus mengeluarkan pernyataan, sebagaimana dilansir dari laman resmi.

“Juventus Football Club menginformasikan bahwa Pengadilan Banding Federal, Bagian Terpadu, sehubungan dengan banding untuk pencabutan berdasarkan Pasal 63 Kode Keadilan Olahraga yang dibawa oleh Kantor Kejaksaan Federal,” tulis laman resmi Juventus.

“Menyatakan banding untuk pencabutan yang diterima dan dengan demikian mencabut keputusan Pengadilan Banding Federal,” imbuhnya.

Sementara itu, Juventus bukan satu-satunya klub yang mendapatkan sanksi pengurangan poin dalam kasus serupa. Beberapa tim tersebut, seperti Empoli, Sampdoria hingga Parma juga kena sanksi beberapa waktu lalu.

Dugaan pemalsuan transfer sebetulnya telah tercium oleh badan pengawas Serie A (COVISOC), yang telah melakukan investigasi kepada Juventus sejak beberapa tahun lalu.