Liga Indonesia

Dianggap Penyelamat Sepak bola, Persela Dukung Penuh La Nyalla Jadi Ketum PSSI

Senin, 23 Januari 2023 10:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Mantan ketua umum PSSI, La Nyalla Mattalitii resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum PSSI periode 2023-2027. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Mantan ketua umum PSSI, La Nyalla Mattalitii resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum PSSI periode 2023-2027.

INDOSPORT.COM - Sekretaris Persela Lamongan, Mudji Santoso, tanpa ragu menyebut La Nyalla Mattalitti ibarat mimpi sosok Ketua Umum PSSI yang belum terwujud hingga kini.

Dalam hal ini, Persela sangat mengharapkan La Nyalla yang kini menjabat Ketua DPD RI itu bisa terpilih menjadi Ketum PSSI periode 2023-2027 di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, 16 Februari mendatang.

Hal itu diungkapkan Mudji Santoso saat menghadiri acara silaturahmi bersama La Nyalla Mattalitti di Surabaya, Minggu (22/1/23).

"Pak La Nyalla itu sosok pemimpin yang tegas, jujur, dan berani. Bisa diibaratkan, beliau merupakan mimpi sepak bola Tanah Air untuk menjadi pemimpin PSSI yang hingga kini belum terwujud," kata Mudji.

"Saatnya mimpi itu datang. Sehingga, Persela Lamongan mantap akan bersama pak Nyalla. Saya juga tadi mendengarkan program program beliau ke depan, sangat bagus," ujarnya.

Mudji memaparkan, jika La Nyalla terpilih nanti dia tidak khawatir karena sudah sangat paham betul semua kondisi sepak bola Indonesia. Salah satunya adalah memastikan industri sepak bola tumbuh mandiri dan fair, tidak boleh ada kartel di Indonesia.

"Karena beliau bilang adalah sepak bola milik rakyat, dan juga kembali menegaskan akan siapkan perangkat yang profesional, klub jadi mandiri dan bergerak sesuai jalurnya, " jelasnya.

La Nyalla bukan lah sosok baru di dunia sepak bola Indonesia. Pengusaha dan sekaligus senator asal Jawa Timur itu pernah menjadi anggota Exco PSSI 2011-2015.

Kemudian menjabat Waketum PSSI periode 2013-2015. La Nyalla juga sempat menjabat sebagai Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sepak Bola Indonesia.

Saat menjabat Ketua BTN Sepak Bola Indonesia, pria kelahiran Jakarta dan besar di Surabaya itu sukses membawa timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013.

Saat itu, pelatih timnas Indonesia U-19 adalah Indra Sjafri. Lalu, La Nyalla menjabat Ketua Umum PSSI dari tahun 2015 hingga 2016.