Liga Indonesia

Breaking News! Faktor Keamanan, Laga Liga 1 Barito Putera vs PSIS Semarang Resmi Ditunda

Selasa, 24 Januari 2023 19:39 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Media Officer Barito Putera
Skuat Barito Putera di Liga 1 2022. Pertandingan pekan ke-20 menghadapi PSIS Semarang harus ditunda karena alasan keamanan. Copyright: © Media Officer Barito Putera
Skuat Barito Putera di Liga 1 2022. Pertandingan pekan ke-20 menghadapi PSIS Semarang harus ditunda karena alasan keamanan.

INDOSPORT.COM - Izin keamanan tidak keluar, pertandingan lanjutan BRI Liga 1 2022-2023 pekan ke-20 antara PS Barito Putera vs PSIS Semarang resmi ditunda.

Sejatinya, Barito Putera dijadwalkan untuk menjamu skuat PSIS Semarang di Stadion Demang Lehman, Martapura, hari Kamis (26/01/23) sore, mulai pukul 15.00 WIB.

Namun, agenda itu bertepatan dengan momentum acara keagamaan, yakni Haul Guru Sekumpul pada Kamis, sehingga pihak kepolisian tidak memberikan izin tanding.

Perlu diketahui, haul adalah peringatan kematian bagi pemeluk agama Islam.

Sementara Guru Sekumpul adalah ulama kharismatik asal Kalimantan Selatan, yang memiliki nama lengkap KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani.

Setiap tahun, agenda Haul Guru Sekumpul berlangsung sangat ramai. Banyak orang yang datang berbondong-bondong ke Kota Martapura untuk melakukan ziarah.

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga pernah hadir dalam agenda Haul Guru Sekumpul tahun 2018 lalu. Sementara untuk tahun ini, Wapres KH. Ma'ruf Amin berencana hadir.

Mengingat betapa besarnya agenda ini, maka personil keamanan akan difokuskan di area Haul Guru Sekumpul, yang juga berada di bilangan Martapura, Kalimantan Selatan.

Oleh karena itu, pertandingan Barito Putera vs PSIS Semarang harus ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Penundaan pertandingan ini disambut baik oleh pihak PS Barito Putera maupun PSIS Semarang, karena mereka bisa menyimpan kekuatan di lanjutan kompetisi Liga 1 2022.