Liga Spanyol

Bukan Pep Guardiola, Xavi Hernandez Ungkap Sosok Pelatih Panutannya

Rabu, 25 Januari 2023 13:07 WIB
Editor: Juni Adi
© Website Barcelona
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez Copyright: © Website Barcelona
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez

INDOSPORT.COM Xavi Hernandez ternyata punya sosok pelatih senior yang menjadi panutannya dalam merintis karier kepelatihan, menariknya sosok itu bukanlah Pep Guardiola.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandes membuat pengakuan mengejutkan baru-baru ini. Jelang pertemuannya melawan Real Sociedad di lanjutan Copa del Rey, Kamis (26/01/23) dinihari WIB, dirinya memuju sosok pelatih lawan, Imanol Alguacil.

Xavi menyebut kalau Alguacil adalah salah satu sosok panutannya dalam kiprahnya sebagai pelatih. 

Pria berusia 43 tahun itu begitu terkesan dengan gaya permainan yang diusung Alguacil selama menukangi tim asal Basque tersebut.

Bukan tanpa alasan memang yang diutarakan oleh Xavi. Pasalnya, Alguacil dalam beberapa musim terakhir memang mampu mengubah Real Sociedad jadi salah satu tim yang bisa disegani di Liga Spanyol.

Musim ini saja, mereka mampu menembus tiga besar peringkat ke-3 dengan koleksi 38 poin dari 18 pertandingan.

Mereka hanya terpaut enam angka dari Barcelona di puncak klasemen. Artinya Real Sociedad masih berpeluang menjadi juara Liga Spanyol musim ini.

''Strategi yang dia terapkan begitu luar biasa. Dia adalah pelatih yang sudah teruji, yang sudah mempersembahkan sejumlah titel buat Sociedad.

"Buat saya, dia adalah contoh dan panutan dalam melakoni pekerjaan ini. Banyak hal yang saya suka dari permainan Sociedad.

"Mereka adalah tim hebat dan sebagian besar hal tersebut tidak lepas dari pengaruh Imanol,'' tutur eks pelatih Al Sadd tersebut dalam konferensi pers dilansir dari Marca.