Liga Indonesia

Sah Menjadi WNI, Shayne Akui Sedih Iwan Bule Tinggalkan PSSI Sebentar Lagi

Rabu, 25 Januari 2023 09:14 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shayne Pattynama resmi jadi warga negara Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shayne Pattynama resmi jadi warga negara Indonesia.

INDOSPORT.COM - Shayne Elian Jay Pattynama sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah diambil sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Selasa (24/1/23).

Resmi menjadi seorang WNI dan siap membela timnas Indonesia, Shayne mengaku berutang budi sepanjang hidupnya kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Meski demikian, Shayne mengaku sedih setelah mengetahui jika sosok Iwan Bule yang selama ini meyakinkannya untuk mengubah kewarganegaraan bakal tidak ada lagi di PSSI selepas KLB pada 16 Februari mendatang.

Shayne yang kini tercatat sebagai pemain Eliteserien Viking FK di Liga Norwegia itu pun menyebut Iwan Bule telah menganggapnya sebagai anak sendiri.

"Saya sangat sedih mengetahui hal itu. Saya diperlakukan seperti anak sendiri oleh pak Iwan Bule, mulai dari pertama kali berinteraksi bahkan saya sering ditelpon olehnya," ucap Shayne Pattynama kepada awak media usai bersumpah di Jakarta.

"Shayne, kita tak sabar menyambut kedatanganmu di Indonesia. Kalau di Indonesia, saya ini sebagai ayah bagi kamu," ucapnya mengutip perkataan Iwan Bule.

Kendati tak lagi menjabat Ketum PSSI lagi nantinya, Shayne menegaskan bahwa sosok Iwan Bule tetap menjadi ayah baginya, karena dia merasa berutang budi sepanjang hidupnya.

Menurut pemain yang beroperasi di lini belakang kelahiran Lelystad, Belanda itu, berkat sumbangsih Mochamad Iriawan lah dirinya bisa menjadi WNI.

"Saya sangat bersyukur atas perhatian dirinya kepada saya. Dia sangat membantu saya dalam proses naturalisasi ini. Tanpa beliau, tak mungkin ini bisa terjadi. Seluruh hidup saya berutang budi kepadanya," pungkas Shayne Pattynama.