Bola Internasional

Agen Jelaskan Alasan Utama Asnawi Mangkualam Gabung Jeonnam Dragons

Jumat, 27 Januari 2023 13:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Jeonnam Dragons
Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons. Copyright: © Jeonnam Dragons
Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, sudah resmi diperkenalkan sebagai pemain baru klub Liga 2 Korea Selatan, Jeonnam Dragons. Itu jadi klub keduanya di Negeri Gingseng.

Asnawi sebelumnya bermain untuk klub Liga 2 Korea Selatan lainnya, Ansan Greeners. Tapi, awal musim 2023, dia kemudian dilepas ke Jeonnam dengan status permanen.

Gabriel Budi selaku agen Asnawi, menjelaskan pihaknya menerima tawaran Jeonnam karena klub tersebut punya tradisi bagus di Liga Korea Selatan. Bahkan musim lalu, Jeonnam bermain di Liga Champions Asia.

"Kami sepakat bergabung ke Jeonnam Dragons karena Jeonnam tim yang punya tradisi di Korea. Mereka juara Piala FA 4 kali dan tahun lalu juga main di Asia Champions League," ujar Gabriel Budi.

Pelatih Jeonnam, Lee Jang-kwan, dikatakan sudah tertarik pada Asnawi sejak musim lalu. Lee melihat sendiri kualitas bek kanan tersebut saat timnya bertemu Ansan Greeners pada musim lalu.

Asnawi dinilai punya kekuatan fisik, kreativitas, dan kemampuan yang sangat baik. Mentalnya juga sangat bagus untuk bersaing di Liga Korea Selatan. "Selain itu mereka perlu bek kanan. Coaches suka karakter Asnawi yang cepat dan fighter," ujar Gabriel Budi.

Gabriel Budi belum menjelaskan berapa durasi kontrak Asnawi bersama Jeonnam Dragons. Tapi, dia mengucapkan terima kasih atas semua dukungan yang diberikan ke kliennya, baik itu di Ansan Greeners dan juga Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia hingga keluarga Asnawi.

"Kami berterima kasih dengan semua pihak di Korea dan juga coaches di Timnas Indonesia yang selalu memberi masukan positif. Juga terutama ayah dan keluarga Asnawi yang selalu support dia ketika situasi sedih sehabis kalah di AFF Cup tahun ini," jelas Gabriel Budi.

"Semoga Asnawi dapat membuat bangga Indonesia," tuntasnya.

Kabar Asnawi pindah ke Jeonnam sudah muncul sejak beberapa hari terakhir, terutama setelah muncul foto bek 23 tahun itu menjalani tes medis.

Pada musim 2022 lalu, Jeonnam Dragons mengakhiri musim di bawah Ansan Greeners yakni berada di dasar klasemen K League 2. Namun, karena tidak ada degradasi, Jeonnam Dragons tidak turun kasta.

Asnawi Mangkualam mengawali petualangan di Korea Selatan dengan bergabung ke Ansan Greeners pada 2021. Kontraknya baru akan berakhir pada Desember 2023.