Bola Internasional

Terkenal Nyentrik di Lapangan, Eks Bek AC Milan Paling Garang Ini Banting Setir Jadi Pastor Gereja

Selasa, 31 Januari 2023 04:05 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Juni Adi
© FRANCK FIFE/AFP/Getty Images
Taribo West, mantan pemain AC Milan asal Nigeria. Foto: FRANCK FIFE/AFP/Getty Images. Copyright: © FRANCK FIFE/AFP/Getty Images
Taribo West, mantan pemain AC Milan asal Nigeria. Foto: FRANCK FIFE/AFP/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Setelah lama tak terdengar kabarnya, mantan bek AC Milan, Taribo West yang terkenal garang di lapangan kini banting setir jadi seorang pastor di sebuah gereja.

Taribo West mengawali kiprahnya di Liga Italia Serie A dengan bergabung bersama Inter Milan pada tahun 1997.

Tiga tahun berselang, Taribo West membuat langkah kontroversial dengan pindah ke rival Nerazzurri, yakni AC Milan di bursa transfer musim dingin 2000.

Bukannya makin bersinar, karir West justru redup bersama AC Milan. Ia hanya bertahan selama setengah musim dan tercatat cuma tampil sebanyak empat kali.

Selanjutnya, ia memilih hengkang dari Rossoneri untuk mencari rumput yang lebih hijau. Kali ini pindah haluan ke Klub Liga Inggris, Derby County dengan status sebagai pinjaman.

Taribo West acap kali berpindah klub, meski demikian pria kelahiran Port Harcourt itu berhasil mengoleksi masing-masing satu gelar Liga Prancis, Liga Serbia dan Liga Europa.

Sebelum memutuskan gantung sepatu, ia sempat bermain untuk klub Paykan FC, tim yang berbasis di Teheran, Iran pada Agustus 2007.

Tak berselang lama, Taribo West memutuskan pensiun dari dunia sepak bola pada (1/10/07). Terbaru, ia dikabarkan menjadi seorang pastor di sebuah gereja.

Dilansir dari RMC Sport, pada tahun 2014, ia mendirikan sebuah gereja yang diberi nama "Shelter in the Storm Miracle Ministries of All Nation" di pinggiran Kota Milan.

Di sana ia membantu membimbing imigran asal Nigeria yang kebanyakan berprofesi sebagai pelacur. "Kami memberi mereka akomodasi dan kemudian kami mencarikan mereka pekerjaan, kata Taribo West.