Liga Indonesia

Ketok Palu! Ini Dia Daftar Calon Tetap Ketum, Waketum dan Exco PSSI

Senin, 6 Februari 2023 19:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSSI Copyright: © PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSSI

INDOSPORT.COM - Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) Kepengurusan PSSI periode 2023-2027 resmi mengumumkan nama calon tetap Ketua Umum, Waketum, dan Exco di GBK Arena, Jakarta, Senin (6/1/23).

Ada lima nama yang dinyatakan maju sebagai calon tetap untuk pemilihan  pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari mendatang. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Arief Putra Wicaksono, Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Fary Djemy Francis.

Lalu untuk waketum yang bisa ikut pemilihan jumlahnya adalah 16 orang. Mereka adalah Ahmad Riyadh, Ahmad Syauqi Soeratno, Andre Rosiade, Doni Setiabudi, dan Doni S Sutandi.

Selanjutnya ada Fary Djemy Francis, Gede Widiade, Hasani Abdulgani, Juni Rachman, Hasnuryadi Sulaiman, Maya Damayantie, Ratu Tisha, Sadikin Aksa, Yesayas Oktavianus, Yunus Nusi, dan Zainudin Amali.

Sedangkan untuk jumlah yang bisa ikut pemilihan untuk posisi Exco PSSI adalah 55 orang. Awalnya hanya 53, tapi ada dua nama yang lolos setelah lakukan banding, yakni Sinung Widagdo dan Mirzha Rinaldy.

"Sesuai hasil banding, ada pergeseran jumlah kontestan jadi lima calon tetap Ketua Umum PSSI, 16 Waketum, dan 55 anggota Exco. Mereka ini yang akan ikut pemilihan saat Kongres Luar Biasa, 16 Februari nanti," kata Ketua Komite Pemilihan, Amir Burhannudin.

Sementara itu, Ketua KBP, Gusti Randa menjelaskan pihaknya menerima banding dari dua anggota Exco yang sebelumnya dinyatakan tidak lolos verifikasi, Sinung Widagdo dan Mirzha Rinaldy.

Setelah melengkapi dokumen dan verifikasi ulang, kedua nama tersebut dinyatakan bisa mengikuti pemilihan pada 16 Februari mendatang.

"Sesuai dengan tahapan kongres, 31 Januari kemarin sudah umumkan oleh KP daftar calon sementara. Lalu ada yang banding. Sesuai tahapan, tanggal 6 hari ini kami KP dan KBP akan membacakan putusan banding dan daftar calon tetap," jelasnya.

"Calon Exco yang bandingnya diterima dan masuk calon exco adalah Sinung Widagdo dan Mirzha Rinaldy. Banding diterima dan lolos jadi calon tetap anggota Exco," tambah Amir.