Bola Internasional

7 Pemain Naturalisasi Tim Nasional Italia yang Jadi Andalan, Ada yang Juara Piala Dunia

Senin, 13 Februari 2023 22:06 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Alex Livesey/Getty Images
Mauro Camoranesi dan Goran Sablic di laga Juventus vs Dynamo Kiev, Liga Champions 2002/03. Copyright: © Alex Livesey/Getty Images
Mauro Camoranesi dan Goran Sablic di laga Juventus vs Dynamo Kiev, Liga Champions 2002/03.

INDOSPORT.COM - Ternyata tim nasional Italia juga doyan melakukan naturalisasi untuk skuatnya, berikut 7 pemain naturalisasi yang jadi andalan Gli Azzurri, bahkan salah satu pernah juara Piala Dunia. 

Proses naturalisasi merupakan program yang dijalankan sebuah negara, dalam konteks ini, untuk tim nasional sepak bola negara tersebut. 

Program ini dilakukan untuk menggantikan kewarganegaraan seorang pemain yang punya garis keturunan sesuai negara tujuannya. 

Proses naturalisasi biasanya berrujua untuk menambah kekuatan sebuah tim nasional. Seperti itu juga yang dilakukan Italia, yang beberapa pemain di antaranya cukup sesuai harapan.

Ternyata tim nasional berjuluk Gli Azzurri itu melakukan proses naturalisasi sejak lama, bahkan sudah hampir dua dekade silam. 

Terdapat 7 pemain naturalisasi dalam sejarah sepak bola tim nasional Italia, yang cukup diandalkan. Siapa sajakah mereka?

7. Gabriel Paletta

Gabriel Paletta merupakan salah satu pemain yang lahir di Argentina dan kemudian dinaturalisasi pada pertengahan 2014 lalu. 

Dia bahkan sudah memainkam debutnya di timnas senior Italia ketika menghadapi Spanyol jelang Piala Dunia 2014. Paletta juga menjadi bagian dari skuat Gli Azzurri untuk Piala Dunia edisi tahun tersebut. 

6. Cristian Ledesma

Masih pemain yang lahir dari Argentina yang menjalani proses pergantian kewarganegaraan ke Italia seperti Paletta. Namanya adalah Cristian Ledesma. 

Gelandang kelahiran 1982 itu pernah mengenyam pendidikan di akademi Boca Juniors dan juga Frosinone. Dia mendapat paspor Italia pada 2008 namun kalau saing dengan gelandang hebat lainnya.