Liga Indonesia

Liga 1: Persija Menang Kontroversial, Arema FC Pura-pura Tidak Tahu?

Senin, 13 Februari 2023 15:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan pada laga Liga 1 pekan ke-23 antara Persija Jakarta vs Arema FC di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (12/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan pada laga Liga 1 pekan ke-23 antara Persija Jakarta vs Arema FC di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (12/02/23).

INDOSPORT.COM - Arema FC bersikap datar terhadap ramainya polemik yang terjadi dalam kemenangan Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (12/2/23).

Pasalnya, dua gol kemenangan Persija ke gawang Arema FC bisa dibilang sangat kontroversial dan berpotensi dianulir apabila wasit lebih jeli.

Yang pertama adalah keputusan Steven Yubel Poli selaku wasit yang memberikan hadiah penalti kepada Persija pada menit ke-36 menyusul pelanggaran Achmad Figo terhadap Hanif Sjahbandi. Sekilas dia fokus untuk menyapu bola.

"Gol penalti saya juga sempat ragu. Tapi keputusan sudah diambil. Meski penalti itu menjadi berat untuk kami," ujar I Putu Gede dalam post-match press conferrence.

"Saya kembalikan kepada pemain karena sudah berkomitmen untuk memenangi second ball (bola kedua) dengan situasi di kotak penalti," imbuh pelatih Arema FC tersebut.

Sementara keputusan Steven Yubel Poli yang lebih kontroversial terjadi dalam proses gol Michael Krmencik pada menit ke-78. Tayangan ulang pun memperlihatkan striker asal Rep Ceska itu berada dalam posisi offside saat menerima sodoran Osvaldo Haay.

"Untuk gol kedua, pandangan saya cukup jauh. Meski ada beberapa pemain yang bilang itu tidak offside," ulas I Putu Gede menyikapi gol Persija.

Yang pasti, dua torehan itu sudah dianggap wasit sebagai gol yang sah. Arema FC mesti mengakui keunggulan Persija Jakarta dengan skor 0-2.