Liga Indonesia

Detik-Detik Kericuhan Terjadi saat Voters Minta Pemilihan Ulang Waketum PSSI 2023-2027

Kamis, 16 Februari 2023 16:48 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suasana Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 pada Kamis (16/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suasana Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 pada Kamis (16/02/23).

INDOSPORT.COM - Kericuhan pecah dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023, para voters meminta pemilihan ulang Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI usai dinilai ada kecurangan.

Pemilihan Waketum PSSI diulang pada KLB PSSI yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/23). Pasalnya, sejumlah nama yang masuk dalam calon tetap tidak keluar dalam proses perhitungan suara.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial Twitter, terlihat ketegangan saat votters melakukan protes keras terhadap komite pemilihan.

"Ulang, ulang, pokoknya ulang," teriak sejumlah pria sembari menunjuk pimpinan kongres.

Menanggapi hal itu, terdengar seorang wanita yang berusaha untuk mengkondisikan situasi, sembari menjelaskan bahwa pihaknya akan kembali melakukan pemilihan ulang.

"Please return to your sheet! We'll recount against, thank you very much."

Sebelumnya, Zainudin Amali dan Yunus Nusi resmi terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI.

Keduanya berhasil menang dari 14 calon wakil lainnya, di mana Zainudin Amali menjadi Waketum 1 dan Yunus Nusi menjadi Waketum 2.

Zainudin Amali mengantongi 66 suara. Sedangkan Yunus Nusi meraih 63 suara dalam pemilihan Wakil Ketua Umum PSSI mendampingi Erick Thohir yang terpilih menjadi Ketum.

Namun hasil tersebut dibatalkan setelah sejumlah pihak menuntut agar dilakukannya pemilihan ulang. Dan hal ini disetujui oleh Iwan Bule khusus pemilihan Waketum PSSI.