Bola Internasional

Shin Tae-yong Buka Peluang Coret Marselino, Ferrari dan Ronaldo Kwateh dari Skuad Piala Dunia U-20

Kamis, 16 Februari 2023 02:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengatakan ada peluang mencoret Marselino Ferdinan, Muhammad Ferrari dan Ronaldo Kwateh dari skuad Piala Dunia U-20.

Hal ini karena Marselino Ferdinan, Muhammad Ferrari dan Ronaldo Kwateh tidak kunjung bergabung ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20.

Ketiga pemain itu memang dipanggil Tae-yong untuk ikut TC menuju Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung 1-18 Maret nanti di Uzbekistan.

Kejuaraan ini juga jadi tolak ukur tim pelatih untuk menyiapkan tim menuju Piala Dunia U-20 2023 yang dimainkan di Indonesia pada 20 Mei - 11 Juni. 

Absennya tiga pemain itu mengganggu program latihan yang telah dirancang Shin Tae-yong. Apalagi, ketiganya selama ini selalu jadi andalan, jadi kehadiran mereka dibutuhkan agar tim pelatih bisa terapkan strategi yang diinginkan.

"Jadi harusnya sesuai road map kami memang persiapan Piala Asia, dari 1 Februari dan mulai turnamen tersebut 1 Maret," ujar Shin Tae-yong.

"Mungkin banyak berfikir tidak terlalu penting Piala Asia ini karena kita sudah menjadi host (Pildun U-20), jadi enggak perlu lolos pun dapet tiket Piala Dunia U-20."

"Tapi lawan kita sekarang Korea Selatan,  Jepang, Australia, Arab Saudi hingga Uzbekistan yang lebih baik dari kita."

"Walaupun kita mulai TC dari 1 Februari, tentu sangat sulit melawan mereka.  Tetapi banyak yang berpikir kita sudah lolos Piala Dunia, jadi sepertinya banyak yang berpikir ini gampang dan mudah," tambahnya.

Ketiga pemain tersebut belum bergabung ke TC Timnas U-20 karena belum dapat izin klub. Marselino di Belgia, Ronaldo Kwateh di Turki dan Ferrari masih bermain untuk Persija Jakarta di Liga 1.

"Tetapi, kerugian ini bukan hanya jadi milik tim, tetapi ini kerugiannya juga sampai ke masyarakat Indonesia. Jadi saya sebenernya berharap smua pihak klub membantu," ujar Shin Tae-yong.

Dengan situasi pelik yang dialami, Shin Tae-yong mulai berpikir untuk mencoret ketiganya. Ia mengatakan harus cari solusi, bagaimana Timnas Indonesia U-20 bisa bermain tanpa Marselino, Ferrari dan Ronaldo.