Liga Spanyol

Mengejutkan! Kejaksaan Spanyol Selidiki Barcelona yang Diduga Lakukan Suap ke Eks Komite Wasit

Jumat, 17 Februari 2023 21:23 WIB
Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© FootballPicture.net
Logo Barcelona Copyright: © FootballPicture.net
Logo Barcelona

INDOSPORT.COM - Kejaksaan negara Spanyol sedang menyelidiki klub Liga Spanyol (La Liga), Barcelona yang diduga melakukan suap kepada eks atau mantan komite wasit.

Kantor Kejaksaan Barcelona akan menyelidiki dugaan suap tersebut yang diklaim mencapai sebesar 1,4 juta euro kepada perusahaan yang dimiliki oleh pejabat badan wasit Spanyol.

Penyelidikan kasus diumumkan pada Kamis kemarin, dugaan suap dilakukan Barcelona ke mantan Wakil Presiden Komite Wasit Federasi Sepak Bola Spanyol, Jose Maria Enriquez Negreira.

Dilansir dari berbagai sumber, jika penyuapan yang dilakukan Barcelona ke Jose Maria Enriquez Negreira dilakukan pada 2016 hingga 2018 yang pada saat itu masih menjabat Wakil Presiden Komite Wasit.

Suap yang dilakukan Barcelona sebesar 1,4 juta euro itu jika dikalkulasikan ke dalam rupiah nilainya mencapai sekitar Rp27,5 miliar. Suap Barcelona diberikan ke perusahaan yang dimiliki Jose Maria.

Komite Wasit Federasi Sepak Bola Spanyol adalah badan yang bertanggung jawab untuk menentukan wasit dan asisten wasit yang akan b2ertugas pada pertandingan di Liga Spanyol.

Pada saat Barcelona menyuap Jose Maria ke perusahaan miliknya pada 2016 hingga 2018 jabatannya adalah Wakil Presiden Komite Wasit dan suap itu berhenti usai Jose Maria tidak lagi menjabat di Komite Wasit.

Tentunya dugaan penyuapan yang dilakukan Barcelona ini menjadi pukulan telak bagi timnya yang saat ini masih berusaha untuk menyehatkan kondisi keuangan klub.

Jika dugaan ini terbukti benar tentu akan sangat merugikan Barcelona yang saat ini berada di puncak klasemen Liga Spanyol dan berpeluang untuk meraih gelar juara musim ini.

Pihak Barcelona sendiri sudah mengetahui adanya penyelidikan kasus suap ini yang diumumkan saat menjelang laga melawan Manchester United di Liga Europa tadi malam.