In-depth

Profil Bodrumspor AS, Klub Baru Ronaldo Kwateh di Liga Turki

Sabtu, 18 Februari 2023 13:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MO Madura United
Ronaldo Kwateh merapat ke Bodrumspor AS dari Madura United. Copyright: © MO Madura United
Ronaldo Kwateh merapat ke Bodrumspor AS dari Madura United.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat Bodrumspor AS, klub Liga Turki yang jadi pelabuhan pemain Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh.

Bergabungnya Ronaldo Kwateh ke liga sepak bola Turki pun mendapat dukungan penuh dari Madura United, termasuk sang presiden klub, Achsanul Qosasi.

Bodrumspor AS merupakan klub yang saat ini bermain di TFF 1 League, kompetisi sepak bola kasta kedua di Turki.

Musim ini, mereka tengah bersaing di papan atas bersama sejumlah tim seperti Samsunspor, Eyupsor, Pendikspor, Rizespor, Sakaryaspor, dan Keciorengucu.

Bodrumspor AS merupakan klub yang berbasis di Bordum, Turki, dan didirikan pada tahun 1931 oleh mantan pesepak bola yang bernama Dervis Gorgun.

Dilansir dari laman bodrum.bel.tr, Dervis Gorgun lahir di Bordum pada 1906. Ia besar di sana hingga akhirnya memutuskan terjun ke dunia sepak bola.

Ketertarikannya terhadap sepak bola pun ia abadikan dengan mendirikan Bodrumspor AS bersama sejumlah founder lainnya.

Di luar sepak bola, ia juga sempat terjun ke dunia politik dan menjadi wali kota Bodrum pada era 1950 dan 1960-an.

Dervis Gorgun meninggal dunia pada tahun 1978, namun namanya akan selalu dikenang sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah klub baru Ronaldo Kwateh ini.

Sebelum main di kompetisi kasta kedua, Bodrumspor AS mengawali perjalanan mereka sebagai klub amatir yang terus membidik tiket promosi ke liga yang lebih tinggi.