In-depth

3 Klub Luar Negeri Dekat dengan Erick Thohir Bisa Diajak Kerja Sama Kirim Bibit Sepak Bola Indonesia

Selasa, 21 Februari 2023 21:35 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Media Center GBK, Minggu (19/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Media Center GBK, Minggu (19/02/23).

INDOSPORT.COM - Sebelum menjabat sebagai ketua umum PSSI, Erick Thohir pernah menjadi pemilik klub ternama di luar negeri yang bisa diajak kerja sama salah satunya adalah Inter Milan.

Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, beberapa waktu lalu telah rampung menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) periode 2023-2027 pada Kamis (16/02/23) untuk mencari ketua umum PSSI yang baru.

Menteri BUMN, Erick Thohir, terpilih menjadi ketua umum PSSI yang baru setelah mendapat 64 suara dari para voters. Ia mengalahkan pesaing kuatnya, La Nyalla Mattalitti yang memperoleh 22 suara.

Diikuti oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ratu Tisha yang terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI.

Usai terpilih menjadi Ketua Umum PSSI yang baru menggantikan Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, Erick Thohir langsung membuat banyak gebrakan dalam program kerjanya.

Seperti membuat Komite Ad Hoc Suporter yang ditugaskan untuk membina supoter, ada juga Komite Ad Hoc Infrastruktur untuk persiapan fasilitas traning center timnas Indonesia.

Terbaru Erick Thohir menghidupkan kembali Badan Tim Nasional (BTN) menangani semua kebutuhan dan persiapan timnas Indonesia, dari level kelompok umur hingga senior.

Hal itu dilakukan agar bisa membentuk timnas yang kuat dan bisa bersaing di level internasional, dengan target masuk Piala Dunia 2040.

Saat ini memang sepak bola Tanah Air khususnya timnas Indonesia sudah lama haus akan prestasi di kancang internasional. Persoalan ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Erick Thohir memperbaikinya sebagai ketua umum PSSI.

Apalagi sering kali Indonesia disebut mempunyai banyak bibit muda di ranah sepak bola, yang seharusnya bisa menjadi pemain masa depan timnas Indonesia untuk menghadirkan prestasi.

Nyatanya tidak ada kebanggaan sejak terakhir kali meraih Emas SEA Games 1991 di Filipina lalu. Setelah itu hanya ada kegagalan demi kegagalan yang mengiringi.

Sebagai langkah awal untuk bisa punya Timnas Indonesia yang berprestasi dunia, PSSI harus mampu membentuk tim nasional yang tangguh, salah satunya kembali membuat program mengirim bibit sepak bola muda Tanah Air berguru di klub luar negeri.

Terlebih Erick Thohir punya afiliasi ke beberapa klub ternama dunia, karena sebelum menjabat ketua umum PSSI, dirinya pernah menjadi pemilik klub luar negeri. Ada tiga yang bisa dijajakinya untuk kerja sama dalam program menimba ilmu pesepakbola muda, klub mana saja?