Liga Indonesia

Liga 1: Luis Milla Klaim Penalti Kontroversial David Da Silva di RANS vs Persib Sah

Selasa, 21 Februari 2023 17:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara soal penalti untuk timnya dalam laga menghadapi RANS Nusantara FC di pekan ke-25 Liga 1 2022-2023. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara soal penalti untuk timnya dalam laga menghadapi RANS Nusantara FC di pekan ke-25 Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara soal penalti untuk timnya dalam laga menghadapi RANS Nusantara FC di pekan ke-25 Liga 1 2022-2023.

Menurut Luis Milla, dari pandangannya di lapangan keputusan yang diambil wasit untuk memberikan penalti, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (19/02/23), sudah tepat.

Meski demikian, Luis Milla menyadari tidak mudah membandingkan kejadian tersebut jika dilihat di lapangan dan televisi. Sehingga, pasti ada perdebatan terkait keputusan yang diambil oleh wasit dalam momen tersebut.

Sebagai informasi, pada pertandingan tersebut wasit memberikan penalti kepada Persib Bandung, setelah David da Silva dijatuhkan oleh pemain RANS Nusantara FC. Posisi pelanggaran tersebut, jika dilihat di TV berada di luar lapangan.

"Tentunya sulit untuk menentukan karena melihat kejadian di televisi dan lapangan itu berbeda. Saya melihatnya di lapangan, bukan di televisi jadi sulit mengatakan apakah itu penalti atau tidak," kata Luis Milla setelah pertandingan.

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini memahami, ada perbedaan penilaian dari yang menyaksikan pertandingan di TV dan yang berada di lapangan, terkait keputusan dari wasit dalam sebuah laga.

Namun, Luis Milla yang berada di lapangan, melihat keputusan yang diambil oleh wasit sudah tepat dengan menganggap pemain RANS Nusantara FC melakukan pelanggaran dan menunjuk titik putih.

"Tapi dari apa yang saya lihat, itu terjadi di area (penalti). Tapi jika melihatnya di televisi mungkin responnya bisa berbeda. Saya tidak tahu tapi dari apa yang saya lihat bahwa itu benar (penalti)," jelasnya.

Penalti tersebut, dieksekusi oleh David da Silva, saat pertandingan memasuki menit 7. Pemain asal Brasil itu, bisa memanfaatkan peluang dari jarak 12 meter pas untuk mencetak gol, yang membuat skor berubah menjadi 0-1.

Persib sendiri pada pertandingan tersebut, berhasil meraih kemenangan dengan skor 1-3, dua gol skuat Maung Bandung lainnya, dicetak oleh Ciro Alves (35') dan bunuh diri Finky Pasamba (54'). Sedangkan gol tunggal RANS Nusantara FC, melalui Yanis Mbombo menit 60.