Liga Indonesia

Timnas U-20 Tak Pakai Kekuatan Penuh Lawan Guatemala, Ada yang Cedera?

Selasa, 21 Februari 2023 14:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-20 saat melawan Selandia Baru pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Minggu (19/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-20 saat melawan Selandia Baru pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Minggu (19/02/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, mengatakan ada pemain andalan yang kemungkinan tidak diturunkan dalam laga uji coba kontra Guatemala U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (21/2/23). 

Shin Tae-yong tidak menjelaskan secara detail alasan tidak menurunkan kekuatan penuh melawan Guatemala U-20, meski tak ada pemain yang cedera. 

Kemungkinan besar dia ingin melakukan rotasi sekaligus memberikan menit bermain kepada nama-nama yang duduk di bangku cadangan dalam dua laga uji coba terdahulu.

Kendati tidak diperkuat 6-7 pemain utama, juru taktik asal Korea Selatan itu toh sudah menyiapkan taktik dan strategi terbaik untuk menjinakkan Guatemala.

"Sangat sayang saja karena starter kami agak kurang 6-7 pemain. Tetapi saya akan mempersiapkan dengan sisa pemain. Bagaimana membuat starting list dan cadangan yang baik," kata Shin Tae-yong, Senin (20/2/23).

"Guatemala sudah dua kali menang, tapi saya akan mempersiapkan tim ini dengan baik agar bisa mendapatkan kemenangan," sambungnya.

Shin Tae-yong mengakui, tidak banyak waktu untuk melakukan evaluasi pasca-kalah dari Selandia Baru. Tapi, dia telah berbicara dengan para pemain, supaya bisa mengurangi kesalahan saat melawan Guatemala.

Untuk menantang Guatemala, pelatih berusia 52 tahun itu memberikan menu latihan khusus ke penjaga gawang. Latihan menggunakan bola tenis untuk meningkatkan refleks para pemain.

Dalam rangka persiapan ke Piala Asia 2023, timnas Indonesia U-20 yang sedang berlangsung di Jakarta, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain. Namun, ada satu nama yang belum jua datang, yakni Marselino Ferdinan.

Hasil di Piala Asia 2023 akan menjadi acuan Shin Tae-yong untuk meracik skuat menuju Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah hajatan akbar dua tahunan tersebut.