Bursa Transfer

Cetak Segunung Gol tapi Dianggap Hambat Man City, Ini 4 Opsi Klub Baru Haaland Andai Putuskan Pergi

Kamis, 23 Februari 2023 20:37 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Reuters/Carl Recine
Malang betul nasib Erling Haaland. Meski di musim perdananya bersama Manchester City sudah mengemas 32 gol dalam 32 laga namun kritik masih menghampiri. Copyright: © Reuters/Carl Recine
Malang betul nasib Erling Haaland. Meski di musim perdananya bersama Manchester City sudah mengemas 32 gol dalam 32 laga namun kritik masih menghampiri.

INDOSPORT.COM - Malang betul nasib Erling Haaland. Meski di musim perdananya bersama Manchester City sudah mengemas 32 gol dalam 32 laga namun kritik masih menghampiri.

Salah satu yang pertama kali menyuarakan opini tersebut adalah legenda sepakbola Jerman, Dietmar Hamann.

Melalui akun Twitter-nya, mantan pemain Newcastle United, Liverpool, dan Manchester City itu mengklaim bahwa The Citizens tidak lebih baik dengan adanya Haaland meski sang bomber nantinya mencetak 40 gol sekalipun.

Awalnya opini Hamann dianggap sebagai sesuatu yang kontroversial namun setelah ditelaah, eks gelandang dengan 59 caps untuk negaranya itu mungkin ada benarnya.

Betul jika sejak merumput di Etihad Stadium, rasio 1,37 gol per 90 menit yang dimiliki Haaland melebihi saat ia masih di Molde, RB Salzburg, dan Borussia Dortmund namun City tidak merasakan perkembangan.

Setelah melewati 21 pekan Liga Inggris 2022/2023, pasukan arahan Pep Guardiola berhasil mencetak 53 gol atau jumlah yang sama dengan di 2021/2022.

Lebih jauh menurut catatan Opta, Erling Haaland mengalami penurunan di banyak aspek dari musim lalu termasuk dalam kategori percobaan umpan (11,7:15,6), sentuhan (24,2:33,1), sampai aksi progresif yang nyaris berkurang spearuhnya (1,04:1,89).

Mungkin saja penyerang 22 tahun asal Norwegia itu masih berusaha untuk beradaptasi dengan taktik Manchester City yang lebih terbiasa bermain tanpa penyerang murni sebelumnya.

City tampil begitu dinamis tanpa sosok 'nomor 9' dominan yang terbukti membawa banyak sukses sejauh ini. Maka dari itu ketika mereka ditahan imbang 1-1 oleh RB Leipzig di leg pertama 16 besar Liga Champions pada Kamis (23/02/23) ini dan Haaland gagal sekalipun menembak tepat sasaran, wajar jika kritik kembali menyapa.

Sepertinya memang nyaris tidak mungkin melihat Erling Haaland berganti klub pada musim depan hanya karena masalah nada miring dari luar saja namun tidak ada yang tahu soal masa depan. Andai ia berniat untuk mengakhiri kontraknya lebih cepat, empat klub top ini bisa menjadi pelabuhan berikutnya di bursa transfer.