Liga Indonesia

Leonardo Medina Ungkap Alasan Persis Solo Cadangkan Ryo Matsumura

Kamis, 23 Februari 2023 15:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MO Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. Foto: MO Persis Solo. Copyright: © MO Persis Solo
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. Foto: MO Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, mengungkap alasan mencadangkan Ryo Matsumura saat menang atas PSS Sleman 4-1. 

Di pertandingan Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang digelar pada Selasa (21/02/23) tersebut, Ryo Matsumura jadi cadangan karena alasan kebugaran.

Pertemuan Persis Solo vs PSS Sleman pada laga pekan ke-26 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, itu bisa dibilang berjalan sangat menarik.

Sebuah hal yang jarang terjadi ketika Ryo Matsumura ditempatkan di bangku cadangan. Sebaliknya, Persis Solo pilih memberi kesempatan inti pertama pada Arapenta Poerba.

Keputusan yang mengejutkan suporter Persis Solo serta PSS Sleman ini ternyata berbuah hasil positif. Arapenta Poerba bermain bagus dalam 69 menit.

Sementara ketika Ryo masuk menit ke-64, satu gol berhasil dicetak gelandang serang asal Jepang tersebut. Satu pergerakannya juga berbuah gol lewat Fernando Rodriguez.

Leonardo Medina pun kemudian angkat bicara. Pelatih asal Meksiko ini mengatakan keputusan ini dibuat atas permintaan dari Ryo sendiri.

"Ryo merasa tidak cukup baik dari sisi kesehatan. Jadi, saya tidak ingin memaksakan posisi inti kepadanya," kata Leonardo Medina.

Saya ingin memberikan menit bermain kepada Arapenta dan ternyata dia bermain dengan bagus," ujarnya lagi.

Ketika Ryo Matsumura masuk, suporter lebih kaget lagi. Ryo masuk untuk menggantikan pemain berposisi bek kiri, yakni Eky Taufik.

Namun ternyata, tak berselang lama dari pergantian itu, Leonardo memberi debut untuk pemuda 18 tahun bernama Faqih Maulana. Jebolan Garuda Select itu menggantikan Arapenta.

"Ketika Ryo sudah mengatakan siap untuk bermain dan kondisinya membaik, saya memberi kesempatan kepada Rio masuk sebagai pemain pengganti," tutur Leonardo.