In-depth

Derby Kanagawa, Duel Ketat Cermin Sempurna J League yang Aman dan Menyenangkan

Jumat, 24 Februari 2023 10:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Dok. J-League
Klub Yokohama F Marinos berhasil menjadi juara Liga Jepang musim 2022. Copyright: © Dok. J-League
Klub Yokohama F Marinos berhasil menjadi juara Liga Jepang musim 2022.

INDOSPORT.COM - Roda kompetisi sepak bola Jepang musim 2023 atau biasa disebut J League 2023 memang telah resmi bergulir. J1 League bergulir pada 17 Februari dan satu hari berikutnya giliran J2 League bergulir.

INDOSPORT sendiri mendapat kesempatan untuk meliput secara langsung rangkaian pembukaan J1 League 2023, yakni laga Kawasaki Frontale menjamu Yokohama F Marinos di Stadion Kawasaki Todoroki Stadium.

Rasa antusias besar pun menggelayut di hati awak INDOSPORT untuk meliput langsung rangkaian kegiatan Liga Jepang 2023.

Dengan penuh semangat meski harus menggunakan moda angkutan transportasi kereta dan harus berjalan kaki menuju stadion seakan terbayar lunas.

Bagaimana tidak, setiba di kawasan stadion Todoroki, awak INDOSPORT melihat begitu tertibnya kedua suporter memasuki area stadion.

Meski bisa dibilang laga ini adalah laga Derby Kanagawa, tetapi kedua suporter tampak tertib antri masuk sesuai dengan nomor kursi yang mereka miliki di setiap tiket.

Tak ada intimidasi berlebihan yang terlihat dari masing-masing suporter. Mereka hanya melakukan nyanyian yel-yel untuk membakar semangat tim yang mereka dukung.

Rasa takjub semakin terpancar karena melihat begitu banyaknya suporter yang datang membawa anak-anaknya. Bahkan usia anak mereka ada yang masih balita.

Tetapi tidak ada rasa risau dan khawatir membawa sang buah hati ke dalam stadion untuk menyaksikan pertandingan sepak bola.

Justru yang tampak wajah-wajah ceria dari para anak-anak ini berlarian di area stadion dan kadang bermain di kawasan seperti playground yang disediakan oleh pihak-pihak klub.