Bola Internasional

Keluh Kesah Shin Tae-yong Jelang Piala Asia U-20, Skuad Timnas Tak Ideal

Jumat, 24 Februari 2023 23:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport
Shin Tae-yong pelatih Timnas U-20. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport
Shin Tae-yong pelatih Timnas U-20.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengaku kurang puas dengan skuad yang akan dibawa ke Piala Asia U-20 2023. Pasalnya, tidak semua pemain incaran bisa bergabung.

Shin Tae-yong telah memilih 23 nama untuk ikut Piala Asia U-20 yang akan berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang. Dia mencoret tujuh nama dari 30 pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan.

Beberapa nama andalan tidak bisa ikut seperti Marselino Ferdinan dan tiga pemain keturunan yakni Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner yang masih dalam proses naturalisasi.

"Sebenarnya ini tim yang akan ikut Piala Dunia U-20, tapi sayangnya kita cuma 50 persen dari yang terbaik. Harusnya bisa seluruhnya buat lihat persaingan antar pemain dan lihat untuk Piala Dunia akan seperti apa," kata Shin Tae-yong.

Dengan skuad yang belum komplit, pelatih asal Korea Selatan itu tidak bisa menjanjikan prestasi tinggi di Piala Asia U-20. Shin Tae-yong bahkan tidak terlalu optimis nisa lolos dari babak penyisihan grup.

Di Piala Asia U-20, Timnas Indonesia U-20 tergabung di Grup A bersama tuan rumah, Uzbekistan, Irak dan Suriah. Laga pertama akan dimainkan 1 Maret dengan menghadapi wakil Timur Tengah, Irak.

"Saat ini memang belum full skuad yang saya mau, jadi sulit bicara target seperti apa (lolos babak penyisihan grup),"

"Nanti di Piala Dunia U-20 akan tambah lima pemain lagi, jadi sebenarnya penasaran juga dengan skuat sekarang bisa bersaing sampai mana," tuturnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga menilai porsi latihan Timnas U-20 masih kurang. Meski telah jalani pemusatan latihan sejak 1 Februari dan tiga laga uji coba internasional lawan Guatemala, Selandia dan Fiji, dia belum puas.

Nantinya, di Uzbekistan Timnas U-20 akan memanfaatkan waktu sepekan ke depan untuk adaptasi dengan cuaca dan lain hal di negara tuan rumah Piala Asia U-20 tersebut.