Liga Indonesia

Gabung Latihan Bali United, Saimima Jalani Tahapan Kembali Bermain di Liga 1

Minggu, 26 Februari 2023 18:27 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Muhammad Sidik Saimima saat berpose dengan replika piala juara Liga 1 di Bali United Megastore. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Muhammad Sidik Saimima saat berpose dengan replika piala juara Liga 1 di Bali United Megastore. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelandang asal Maluku, Muhammad Sidik Saimima, sudah kembali gabung latihan Bali United. Saimima akan menjalani latihan bertahap agar bisa kembali bermain di Liga 1 2022/2023.

Saimima menjadi salah satu nama yang belum pernah bermain di Liga 1 musim ini. Eks PSS Sleman itu mengalami cedera lutut pada bagian meniscus.

Cedera itu dialami Saimima pada awal masa persiapan menghadapi musim 2022/2023. Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut, baru diketahui bahwa meniscus Saimima bermasalah.

Robekan pada meniscus disembuhkan dengan menjalani operasi pada bulan September 2022 lalu. Dalam tiga bulan, Saimima harus menjalani istirahat total.

Pada bulan ini, Saimima sudah diperbolehkan gabung latihan lagi. Ia mendapat lampu hijau karena kondisinya sudah 95 persen. Kekuatan kaki kanan dan kaki kiri Saimima sudah hampir sama.

Dokter tim Bali United, dr. Ganda Putra, mengatakan tahapan latihan akan dijalani Saimima sebelum mendapat beban yang lebih berat dari tim pelatih.

"Saat ini Saimima masih harus bertahap mengikuti latihan bersama tim untuk membantu adaptasi, mengembalikan fisik dan membantu menghilangkan traumanya," kata dr. Ganda.

Soal peluang bermain di Liga 1 2022/2023, dr. Ganda belum bisa memastikan. Sebagai pemain profesional, Saimima punya kans untuk turut menentukan kapan dia bisa melewati masa adaptasi, pengembalian fisik dan menghilangkan trauma.

Progres dari setiap tahapan itu akan menentukan kapan Saimima menjalani latihan kompetitif bersama Ilija Spasojevic dkk.

"Jika nanti semua fase sudah terlewati maka dia akan diizinkan menjalani latihan reguler seperti biasa dengan pemain-pemain lainnya," tutur dr. Ganda.